Deret Calon Menteri dari PKB yang Incar 6 Kementerian

Dua menteri kabinet kerja yang diusung PKB belum mendapatkan tawaran dari Jokowi untuk bergabung di periode kedua.
Image title
Oleh Tri Kurnia Yunianto
19 Oktober 2019, 10:56
PKB, calon menteri, PKB incar 6 kementerian
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Presiden Joko Widodo berpidato di acara Konsolidasi Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Balai Sarbini, Jakarta (17/12/2018). PKB yang merupakan partai pendukung Jokowi di Pilpres 2019 mengincar 6 pos kementerian.
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang telah berkemas sejak sebulan lalu. Hanif hanya menyisakan barang-barang pribadi yang mudah dipindahkan. "(Barang di rumah dinas) tinggal satu dua buku, dan baju masih banyak,” kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10). (Baca: Pujian untuk Sri Mulyani di Hari Terakhir Kabinet Kerja ) Meski telah berkemas, Hanif masih tinggal di rumah dinas hingga masa jabatannya habis. Begitu sudah tak lagi menjadi menteri, dia akan langsung angkat kaki dari rumah dinas tersebut. “Tinggal pergi saja. Sudah enggak ada barang berat,” kata Hanif.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Beberapa Menteri Berkemas dari Rumah Dinas, Basuki Tetap Bertahan" , https://katadata.co.id/berita/2019/10/18/beberapa-menteri-berkemas-dari-rumah-dinas-basuki-tetap-bertahan
Penulis: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengajukan beberapa calon menteri untuk menduduki enam pos kementerian di kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Enam pos kementerian tersebut yakni Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berdasarkan beberapa sumber, terdapat deret kandidat yang diusung PKB. Mereka di antaranya Faisol Reza, Hanif Dhakiri, Eko Putro Sandjojo, Daniel Johan, dan Cucun Ahmad Syamsurijal. Selain itu Maman Imanulhaq, Ida Fauziah, dan Abdul Kadir Karding.

(Baca: Para Kiai NU Minta PKB Kuasai Enam Kementerian)

Wakil Sekjen PKB Maman Imanulhaq menolak memberikan keterangan terkait dengan daftar calon menteri yang diusung partainya. "Sekali lagi itu hak prerogatif presiden," kata Maman dihubungi katadata.co.id, Jumat (19/10).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo pun menyatakan dirinya tak tahu apakah akan kembali menjabat di kabinet Jokowi periode kedua. Eko juga belum mendengar kabar bahwa dirinya kembali dicalonkan oleh PKB sebagai calon menteri.

"Saya enggak tahu. Terus terang enggak tahu," kata Eko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10).

(Baca: Adian Napitupulu hingga Bupati Ngawi Jadi Calon Menteri dari PDIP)

Sementara itu Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri belum mendapatkan informasi apakah dirinya tetap dipertahankan Jokowi di periode kedua. Hanif telah menyiapkan diri bila tak kembali menjadi menteri. Sejak bulan lalu dia telah berkemas dari rumah dinas menteri.

Hanif hanya menyisakan barang-barang pribadi yang mudah dipindahkan. "(Barang di rumah dinas) tinggal satu dua buku, dan baju masih banyak,” kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10).

Meski telah berkemas, Hanif masih tinggal di rumah dinas hingga masa jabatannya habis. Begitu sudah tak lagi menjadi menteri, dia akan langsung angkat kaki dari rumah dinas tersebut. “Tinggal pergi saja. Sudah enggak ada barang berat,” kata Hanif.

(Baca: Beberapa Menteri Berkemas dari Rumah Dinas, Basuki Tetap Bertahan)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait