Beberapa Menteri Berkemas dari Rumah Dinas, Basuki Tetap Bertahan

Menteri PUPR Basuki siap kembali bergabung dengan kabinet Jokowi-Ma'ruf bila dikehendaki.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
18 Oktober 2019, 21:43
rumah dinas menteri, Basuki PUPR
Lukas I Biro Pers Sekretariat Presiden
Perpisahan para menteri kabinet kerja 2014-2019.

Sejumlah menteri telah berkemas dari rumah dinas menjelang berakhirnya Kabinet Kerja periode 2014-2019. Salah satunya, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang telah berkemas sejak sebulan lalu.

Hanif hanya menyisakan barang-barang pribadi yang mudah dipindahkan. "(Barang di rumah dinas) tinggal satu dua buku, dan baju masih banyak,” kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/10).

(Baca: Pujian untuk Sri Mulyani di Hari Terakhir Kabinet Kerja )

Meski telah berkemas, Hanif masih tinggal di rumah dinas hingga masa jabatannya habis. Begitu sudah tak lagi menjadi menteri, dia akan langsung angkat kaki dari rumah dinas tersebut. “Tinggal pergi saja. Sudah enggak ada barang berat,” kata Hanif.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah berkemas dari rumah dinasnya sejak sebulan lalu. Budi berkemas atas inisiatif pribadi meski belum ada perintah untuk meninggalkan rumah dinas. “Saya kemas-kemas barang sendiri,” kata Budi.

(Baca: Gubernur NTT Viktor Laiskodat Jadi Kandidat Menteri dari NasDem)

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sama sekali belum berkemas dari rumah dinasnya. Basuki mengatakan, belum ada keputusan bagi dirinya untuk meninggalkan rumah dinas.

Saat ditanya apakah Basuki akan menjadi menteri lagi, dia tak menjawabnya secara tegas. Namun demikian, dia mengatakan siap untuk kembali masuk kabinet Jokowi periode kedua.

“Kalau itu perintah, saya laksanakan,” kata Basuki.

(Baca: Gubernur NTT Viktor Laiskodat Jadi Kandidat Menteri dari NasDem)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait