Luhut dan Sri Mulyani Disebut Dipertahankan Jadi Menteri Jokowi

Beberapa menteri kabinet kerja disebut bakal kembali diangkat dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
15 Oktober 2019, 19:50
Sri Mulyani, Luhut, menteri
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Beberapa menteri Kabinet Kerja akan kembali diangkat sebagai menteri di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Beberapa menteri yang disebut bakal kembali menjadi menteri di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan menteri yang akan kembali menjabat sebagai sosok yang berprestasi. “Itu Menteri yang berprestasi, mudah-mudahan tidak ada halangan bagi mereka,” kata Ngabalin  ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (15/10).

(Baca: Sri Mulyani Enggan Tanggapi Kabar Masuk Kabinet Baru Jokowi)

Selain Luhut dan Sri Mulyani, Ngabalin menyebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Luhut dan Sri Mulyani hari ini dipanggil Presiden Jokowi ke Istana dalam kesempatan berbeda. Luhut enggan menanggapi potensi dirinya kembali menjadi menteri. "Kalau saya jadi menteri masa' saya cerita ke kamu," kata dia kepada wartawan.

Sri Mulyani pun tak menanggapi mengenai kemungkinan dirinya kembali menjabat sebagai menteri. "Enggak," kata Sri.

Presiden Jokowi akan mengumumkan kabinet baru setelah pelantikan pada Minggu, 20 Oktober nanti. Sebelumnya Jokowi mengatakan dia mengatakan para menteri kabinet akan didominasi dari kalangan profesional dengan komposisi sebanyak 55%. "Sebanyak 45% merupakan usulan dari partai politik," kata Jokowi.

(Baca: Gerindra dan Demokrat Berpeluang Besar Dapat Jatah Menteri)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait