Resmikan Pabrik Esemka di Boyolali, Jokowi Harap Mobil Nasional Tumbuh

Berdirinya pabrik Esemka dianggap langkah dan upaya awal bagi merek Indonesia ini meningkat ke level manufaktur.
Dimas Jarot Bayu
6 September 2019, 16:00
Esemka, Jokowi resmikan Esemka, mobil nasional
ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) menandatangani prasasti saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik serta sarana dan prasarana produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9). Jokowi mengatakan, dirinya meresmikan pabrik Esemka sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan industri otomotif nasional.

"Mendukung merek lokal, mendukung merek nasional. Itu saja jawabannya," kata Jokowi dikutip dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Menurut Jokowi, berdirinya pabrik baru Esemka bakal memberikan keuntungan bagi industri-industri lain, khususnya industri kecil dan menengah di sekitarnya. Esemka diketahui telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan-perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan yang diproduksinya.

(Baca: Bertolak ke Boyolali, Jokowi Hadiri Peluncuran Mobil Esemka)

Selain itu, Kepala Negara meyakini beroperasinya pabrik tersebut akan turut menggerakkan ekonomi Boyolali dan sekitarnya. "Pabrik Esemka akan memiliki efek yang berantai di belakangnya," kata Jokowi.

Berdirinya pabrik Esemka dianggap langkah dan upaya awal bagi merek Indonesia ini untuk meningkat ke level manufaktur dan membangun industri otomotif lokal. Mantan Wali Kota Solo itu lantas memberi apresiasi atas keberanian Esemka memulai upaya pertama dalam pengembangan industri otomotif lokal.

Jokowi menilai langkah Esemka pada tahap awal ini tidak akan berjalan mudah. Namun, sebagai anak bangsa, sudah selayaknya masyarakat Indonesia turut memberikan dukungan bagi usaha yang ditunjukkan Esemka tersebut.

(Baca: Babak Baru Esemka, Mobil Nasional yang Beda Nasib dengan Vinfast )

"Kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan principal kita sendiri, ini akan laku," kata dia.

Untuk diketahui, dalam kunjungan tersebut, Kepala Negara sempat menyaksikan proses perakitan yang berlangsung di pabrik tersebut. Presiden juga sempat menjajal model angkutan niaga Esemka yang bernama Bima dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang berada di balik kemudi.

Advertisement

Esemka Bima merupakan sebuah kendaraan truk ringan dengan bak terbuka yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan niaga masyarakat Indonesia.

(Baca: Jejak Suram Mobil Nasional, Bagaimana Nasib Esemka?)

 

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait