Wiranto Janji Tarik Pasukan TNI - Polri dari Papua

Image title
30 Agustus 2019, 18:01
Wiranto, TNI, Polri, Papua
ANTARA FOTO/Toyiban
Petugas INAFIS Mabes Polri bersama Polda Papua Barat melakukan olah tempat kejadian perkara pembakaran kantor DPRD Provinsi Papua Barat di Manokwari, Papua Barat, Selasa (27/8/2019).

Menteri Koordinator Bidang Politk Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berjanji akan menarik pasukan dari Papua dan Papua Barat apabila situasi sudah kondusif. Wiranto akan menyampaikan permintaan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Wiranto menegaskan, kehadiran TNI/POLRI di dua provinsi itu semata untuk mengamankan situasi yang sedang memanas. "Bila nanti keadaan kondusif, serangan dari oknum bersenjata di Papua tidak ada, saya jamin (pasukan TNI/Polri) ditarik. Kalau sudah tenang enggak ada serangan dan gangguan keamanan," kata Wiranto ketika menyampaikan keterangan persnya di Media Center Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Jum'at (30/8).

Advertisement

Lebih lanjut, mantan Panglima TNI ini mengharapkan masyarakat menyampaikan aspirasi dengan cara berdialog bukan unjuk rasa dengan merusak fasilitas publik.

(Baca: Internet di Papua Dibatasi, Ngabalin: Itu Perintah Undang-Undang)

Perusakan fasilitas publik dianggap hanya merugikan masyarakat Papua dan Papua Barat. "Misalnya sekarang Telkom dibakar itu terputus 16 bts. Saya dapat laporan dari Kominfo semalam. Akhirnya lumpuh kan? SMS lumpuh, WA lumpuh," kata dia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement