Wajah Baru Kabinet Jokowi: Menteri Usia di Bawah 30 Tahun

"Meski muda, mereka memiliki kekuatan manajerial," kata Jokowi .
Yura Syahrul
Oleh Yura Syahrul
14 Agustus 2019, 15:05
Jokowi, menteri muda, menteri di bawah 30 tahun
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Jokowi saat berpidato dalam acara Konser Putih Bersatu Stadion Utama GBK, Senayan- Jakarta Pusat (13/4). Jokowi merekrut menteri berusia di bawah 30 tahun di kabinet baru.

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) sudah merampungkan penyusunan kabinet periode 2019-2024. Dalam kabinet terbarunya Jokowi mengangkat orang muda di bawah 30 tahun dan ada juga yang berumur di bawah 35 tahun.

"Meski muda,  mereka memiliki kekuatan manajerial," kata Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi berbagai media massa di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

(Baca: Jokowi Rampungkan Penyusunan Kabinet, Mayoritas dari Kalangan Profesional)

Jokowi memang telah berulangkali menyatakan untuk merekrut menteri dari kalangan muda. Keberadaan menteri belia disebutnya akan memunculkan ide, gagasan kreatif, dan keinginan kuat untuk mengeksekusi solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan Katadata pada Mei lalu, Jokowi menyatakan sosok anak muda diperlukan agar pekerjaan lebih cepat tereksekusi. "Kami ingin ada sebuah kecepatan dalam pembangunan," kata Jokowi saat itu.

(Baca Wawancara Jokowi: “Saya Butuh Menteri Eksekutor”)

Selain sosok muda, Jokowi mengatakan para menteri kabinet akan didominasi dari kalangan profesional dengan komposisi sebanyak 55%. "Sebanyak 45% merupakan usulan dari partai politik," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan penyusunan kabinet ini telah dibahas dengan partai politik koalisi. Dia rencananya akan mengumumkan dalam waktu dekat, sebelum pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden pada Oktober.

(Baca: Megawati Sebut Syarat Calon Menteri Muda di Kabinet Jokowi )

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait