Didukung Arus Bawah, Megawati Bakal Kembali Jadi Ketua Umum PDIP

Peserta Rakernas IV PDIP dan aspirasi dari tingkat bawah telah memohon Megawati kembali memimpin partai.
Image title
Oleh Antara
1 Agustus 2019, 17:45
Megawati kembali jadi ketua umum PDIP
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diperkirakan masih akan menjabata Ketua Umum PDIP.

PDI Perjuangan akan menggelar Kongres V di Bali 8-10 Agustus 2019. Kongres kali ini diperkirakan akan mengukuhkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum partai periode mendatang.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, peserta Rakernas IV PDIP dan aspirasi dari tingkat bawah telah memohon Megawati kembali memimpin partai.

"Berdasarkan hasil keputusan Rakernas IV dan juga berdasarkan aspirasi dari bawah, memohon ibu Mega berkenan menjadi ketua umum kembali," kata Hasto dalam konferensi pers pra-Kongres V PDIP, di Jakarta, Kamis (1/8) seperti dikutip dari Antara.

(Baca: Puan Sebut Kader PDIP Solid Dukung Megawati Kembali Jadi Ketum)

Hasto mengatakan nantinya ketua umum terpilih, akan membahas mengenai struktur kepartaian ke depan. "Dan apakah struktur ke depan akan mengalami perubahan, nanti ada sebuah kajian khusus," kata Hasto.

Dalam struktur saat ini, kata dia, Ketua Umum PDIP bertindak sebagai institusi tersendiri dalam Kongres yang mendapat mandat dan mempunyai hak prerogratif menjaga Pancasila, NKRI, kebhinekaan dan seluruh perintah konstitusi.

Ketua Umum dibantu situation room sebagai pusat kajian, serta seluruh elemen strategis partai seperti kesekjenan dan bendahara.

(Baca: Budi Gunawan Jadi Perantara dalam Pertemuan Prabowo dan Megawati)

Kongres V PDI P akan dihadiri 2.047 peserta dan puluhan ribu kader serta simpatisan partai. Peserta tersebut terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara partai dari 34 DPD provinsi dan 514 DPC kabupaten/kota, pengurus DPP PDIP, sayap partai serta tamu undangan VVIP dan VIP.

Selain itu akan hadir juga ketua serta sekretaris perwakilan PDIP dari sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Saudi Arabia, Brunei Darusallam, Jerman, Hingkong, Belanda, Australia dan Belgia.

"Untuk VVIP dan VIP yang hadir berjumlah 335 orang," kata Wasekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga.

Tamu VVIP yang akan diundang partainya dalam Kongres V nanti antara lain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, jajaran menteri Kabinet Kerja dan mantan menteri Kabinet Gotong-Royong Megawati.

Selain itu sejumlah tokoh nasional, tokoh agama baik NU, Muhamamdiyah, KWI dan sebagainya serta senior partai dan pengamat politik yang selama ini menjadi mitra dialog partai.

Hasto mengatakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam pertemuan silaturahmi di kediaman Megawati juga telah menyatakan kesediaan untuk menghadiri Kongres V PDIP nanti.

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait