Pemindahan Penerbangan Domestik ke Kertajati Secara Bertahap

Bandara Husein Sastranegara hanya melayani rute domestik dari pulau Jawa dengan pesawat jenis propeller (baling-baling) dan rute Internasional.
Image title
18 Juni 2019, 19:32
pemindahan ke bandara kertajati
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Bandara Kertajati.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemindahan penerbangan domestik jenis jet rute Pulau Jawa dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati akan dilakukan secara bertahap.

Sehingga pada 1 Juli mendatang seluruh penerbangan telah dipindahkan ke BIJB. Hal ini diungkapkan oleh Budi setelah rapat tindak lanjut pengalihan penerbangan komersial pesawat jenis jet tersebut. "Jadi totalnya ada 56 pergerakan pesawat yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet dalam negeri," kata Budi dalam keterangan pers yang diterima Katadata.co.id, Selasa (18/6).

(Baca: Penerbangan Luar Jawa di Bandara Husein Dialihkan ke Bandara Kertajati)

Nantinya Bandara Husein Sastranegara hanya melayani rute domestik dari pulau Jawa dengan pesawat jenis propeller (baling-baling) dan rute Internasional. Dengan semua penerbangan luar negeri kurang lebih 32 take off, dan 32 landing, sehingga totalnya 64 pergerakan.

Advertisement

Budi juga menjelaskan Bandara Husein memiliki landasan yang pendek, agak cekung, dan banyak penduduknya, jadi ideal untuk propeller saja. Ada pun dengan pesawat itu, kecepatan lebih rendah sehingga dapat mengantisipasi baik. "Sekarang itu Bandung banyak permintaan, tetapi tidak bisa penuhi slotnya, dengan begini akan menambah slot di Bandung," ujarnya.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga meminta kepada PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Kertajati dan Bandung sehingga kedua bandara tersebut bisa saling melengkapi.

(Baca: Bandara Baru Yogyakarta, Landas Pacu Terbaik hingga Klaim Tahan Gempa )

Adapun penerbangan internasional tidak turut dipindahkan karena Bandung sebagai daerah wisata, apalagi Malaysia dan Singapura sangat meminati penerbangan ke Bandung. Namun, selama ini slotnya terbatas, sehingga dengan Bandara Kertajati diharapkan bisa memaksimalkan pergerakan penerbangan internasional.

"Dengan adanya Kertajati maka pergerakan internasional jadi lebih bagus. Kami bagi fungsi-fungsi Bandara Husein dan Kertajati dengan kesepakatan," kata dia.

Sebagai informasi dari 56 pergerakan pesawat jet yang akan pindah dari Bandung ke Kertajati antara lain penerbangan dengan jurusan luar Pulau Jawa seperti ke Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Bali, Kualanamu, Lombok, Pekanbaru, Pontianak, Makassar dan lain sebagainya. Untuk maskapai yang sudah menyatakan komitmennya antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya, Nam dan Citilink.

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait