KPU Lampirkan 6 Ribu Bukti untuk Tangkis Gugatan Pilpres Prabowo-Sandi

Dimas Jarot Bayu
18 Juni 2019, 10:16
bukti KPU di sidang MK
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua KPU Arief Budiman hadir dalam sidang permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 yang diajukan pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat (17/6). 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan jawaban atas gugatan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitusi (MK). Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan, dokumen jawaban yang bakal disampaikan KPU setebal 300 halaman.

Dalam dokumen tersebut, KPU telah melampirkan ribuan alat bukti berupa dokumen dan surat. “Seingat saya ada 6000-an alat bukti. Sekarang jawaban kami 300 halaman,” kata Hasyim di gedung MK, Jakarta, Selasa (18/6).

Dokumen jawaban tersebut akan dibacakan dalam sidang gugatan Pilpres di MK yang berlangsung hari ini. Hasyim mengatakan, jawaban yang akan diberikan KPU hanyalah yang sesuai dengan gugatan. Salah satu hal yang akan dijawab KPU terkait dengan tudingan 17,5 juta pemilih siluman.

(Baca: Profil 9 Hakim Konstitusi Penentu Hasil Pilpres 2019)

Selain itu, KPU akan menjawab masalah syarat pencalonan calon wakil presiden Ma’ruf Amin yang dipersoalkan kubu Prabowo-Sandiaga. “Itu akan dijawab KPU. Paslon itu kan mendaftarnya di KPU ya, pemenuhan syarat juga ke KPU, yang meneliti dokumen administrasi juga KPU. Kalau enggak dijawab nanti KPU dianggap enggak profesional,” kata Hasyim.

Ada pun, jawaban KPU hanyalah yang relevan dengan tugas-tugas penyelenggaraan Pemilu. KPU tak akan menjawab dalil-dalil lainnya, semisal terkait dugaan dana kampanye dari pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang tidak wajar.

“Kalau enggak relevan tak ditanggapi. Yang ditanggapi yang relevan-relevan saja,” kata Hasyim.

Selain KPU, Bawaslu juga telah menyiapkan jawaban. Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, tambahan dokumen jawaban dari pihaknya mencapai 100 lembar lebih.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...