Aparat Akan Beberkan Para Tokoh Yang Terlibat Kerusuhan 21-22 Mei

Ameidyo Daud Nasution
10 Juni 2019, 15:43
para tokoh terlibat kerusuhan 21-22 Mei
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana pascakerusuhan di depan Asrama Brimob Slipi, Petamburan , Jakarta Barat (22/5/2019).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan aparat akan menjelaskan proses hukum pihak-pihak yang terlibat kerusuhan tanggal 21-22 Mei lalu di Jakarta. Penjelasan akan meliputi tokoh-tokoh yang terlibat dan alasan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengamankan tokoh tersebut.

Penjelasan akan diberikan berdasarkan informasi yang terkumpul dari Berita Acara Perkara (BAP). "Kami akan jelaskan agar tidak simpang siur," kata Wiranto usai rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Senin (10/6).

Advertisement

(Baca: Kontroversi Senjata Api Berusia Uzur yang Dituduhkan ke Soenarko)

Rencananya, penjelasan akan diberikan pada hari Selasa (11/6) pukul 10.00 WIB di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. Wiranto mempersilakan awak media menanyakan kepada penegak hukum mengenai keterlibatan mantan anggota Tim Mawar yakni Fauka Noor Farid. "Kalian tanyakan ke tim yang akan menjelaskan itu," kata Wiranto.

Wiranto mengumpulkan sejumlah pejabat sejak pagi tadi di kantornya untuk menggelar rapat membahas perkembangan situasi nasional. Dalam pertemuan tadi, hadir Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung M. Prasetyo, hingga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius.

(Baca: Mantan Kapolda Metro Jaya Diduga Terlibat Makar)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement