Jokowi Ditemani Jan Ethes Curi Perhatian Masyarakat Yogyakarta

Image title
Oleh Antara
7 Juni 2019, 15:48
Jokowi bersama Jan Ethes
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Presiden Joko Widodo (kelima kanan) bersama keluarga berdialog dengan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X (keempat kanan) saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Jumat (7/6/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani hari kedua Idul Fitri 1440 H dengan mengunjungi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jokowi yang ditemani cucunya Jan Ethes berkunjung ke beberapa tempat mendapat perhatian masyarakat.

Jokowi dan rombongan tiba Yogyakarta pada Kamis (6/6) sore. Jokowi kemudian membagikan 3.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) di Gedung Agung. Jokowi ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan cucu pertamanya Jan Ethes.

Masyarakat tampak antusias melihat Jan Ethes. Beberapa kali Jan Ethes ikut menyapa dengan melambaikan tangannya yang langsung diabadikan oleh masyarakat melalui telepon genggamnya masing-masing.

(Baca: Sowan AHY ke Jokowi, Megawati dan Keluarga Gus Dur Menuai Apresiasi)

Pada Kamis malam, Jokowi menaiki andong bersama cucunya Jan Ethes, dan putera bungsunya Kaesang Pangarep di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Jokowi menaiki andong menuju Istana Kepresidenan Gedung Agung seusai membawa cucunya menyambangi Mal Malioboro. Di Mal Malioboro, Yogyakarta, Jokowi mengajak Jan Ethes bermain dan membeli tiga buah mainan. Setelah sekitar 30 menit menghabiskan waktu di Mal Malioboro, tiga andong menjemput Jokowi dan rombongan.

Warga Yogyakarta serta wisatawan histeris meneriakkan nama Jokowi dan berebut mengabadikan gambar dengan gawai saat mengetahui presiden menaiki andong.

(Baca: Jokowi: Idul Fitri Momen untuk Mempererat Persatuan dan Persaudaraan)

Sementara pada Jumat (7/6) siang, Jokowi, Iriana bersama cucunya Jan Ethes menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat. Presiden dengan menaiki mobil Mercy bernomor polisi B-1060-RFS tiba di Keben Keraton Yogyakarta.

Memasuki regol atau pintu gerbang Keben, Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang disambut empat puteri Sultan HB X yakni GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Maduretno, dan GKR Mangkubumi.

Selanjutnya, Sultan HB X bersama istrinya GKR Hemas dan puteri bungsunya GKR Bendoro menyambut Presiden di Regol Srimanganti atau pintu gerbang tengah Keraton.

Pertemuan antara Sultan HB X, Presiden Jokowi, dan Iriana Joko Widodo berlangsung di Gedong Jane yang berada di kompleks utama Keraton Ngayogyakarta. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

"Pertemuan berlangsung tertutup sekitar 30 menit," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY Aditya Nanaryo Aji, seperti dikutip dari Antara.

(Baca: Jokowi Siap Tanggung Risiko Politik dari Kebijakan Tak Populis )

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...