Jokowi Putuskan Reshuffle Kabinet Pasca-hasil MK

Image title
Oleh Tim Redaksi
28 Mei 2019, 18:48
reshuffle Jokowi
Katadata/Donang Wahyu
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih mematangkan rencana pergantian kabinet atau reshuffle. Rencana pergantian kabinet tersebut akan diputuskan setelah pengumuman putusan sengketa hasil perhitungan Pemilihan Presiden di Mahkamah Kontitusi (MK) pada 28 Juni 2019.

"Saya kira sabar menunggu dulu. Bahwa kami mulai mematangkan menuju ke sana (memang) iya. Saya kira prosesnya sudah ada tapi belum berpikir kapan (waktunya)," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan Tim Katadata.co.id di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5).

Jokowi mengatakan reshuffle untuk memberikan energi baru di kabinet. "Kita memang perlu energi baru dalam melakukan perubahan–perubahan, melakukan terobosan – terobosan, tidak lagi terjebak pada rutinitas," kata Jokowi.

(Baca: Istana Isyaratkan Jokowi Kemungkinan Reshuffle Kabinet Usai Lebaran)

Advertisement

Jokowi juga memberi sinyal perombakan kabinet dalam acara buka puasa bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pada Minggu (26/5). Jokowi menyebut Ketua HIPMI Bahlil Lahadalia sebagai sosok yang memenuhi kriterianya sebagai menteri di kabinet mendatang. "Tadi saya melihat-lihat adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi.

"Saya lihat dari samping, saya lihat dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya. Pintar membawa suasana, dan juga ya sangat cerdas. Jadi kalau nanti beliau ini terpilih ya enggak perlu kaget. Kan pas kan? Pas. Siapa yang setuju?" peserta HIPMI pun semakin bersorak memberikan dukungan atas pernyataan Jokowi tersebut.

(Baca: Perubahan Kabinet, Ekonom Minta Jokowi Pilih Menteri Sesuai Strategi)

Sebelumnya Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan reshuffle kemungkinan akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah Lebaran 2019. Ia menjelaskan, setiap saat ada kemungkinan reshuffle. Namun, "Sampai Lebaran ini paling tidak, tidak ada reshuffle," kata Johan di kantornya, Selasa (7/5).

Selain membahas mengenai reshuffle, dalam wawancara  eksklusif dengan Katadata.co.id, Jokowi juga membahas soal komunikasi yang hendak dibangun untuk meredakan ketegangan politik pasca-pengumuman KPU, dan nomenklatur kabinet. Baca wawancara selengkapnya di Katadata.co.id pada Rabu, 29 Mei 2019. 

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement