Mabes Polri Kerahkan Brimob untuk Amankan Jakarta Jelang Hasil Pilpres

Pasukan yang tiba di Jakarta di antaranya menyebar di tiga titik di Jakarta Utara.
Image title
23 April 2019, 10:16
pengamanan pasca-Pemilu
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Anggota Brimob Polda Lampung mengikuti apel di kawasan Monas, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menarik berkompi-kompi anggota Brimob dari daerah ke Jakarta untuk membantu pengamanan di ibu kota, pasca-Pemilihan Presiden 2019. Kepala Bidang Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengkonfirmasi mengenai pengerahan pasukan ke Jakarta.

"Sifatnya antisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat pasca-Pemilu 2019," kata Dedi saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (22/4).

(Baca: Wiranto: Hasut Massa untuk Klaim Kemenangan Berpotensi Melanggar Hukum)

Pengamanan difokuskan selama rangkaian Pemilu yang akan berakhir hingga pengumuman hasil oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekitar 20 Mei 2019. Selain itu membantu pengamanan secara umum di Jakarta, termasuk saat penyelesaian sengketa pemilu pada periode 23 Mei hingga 15 Juni 2019.

Advertisement

Di luar itu, kata Dedi, petugas dipersiapkan untuk pengamanan menjelang Ramadan. "Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, jadi wajar-wajar saja ada penambahan pasukan,” kata Dedi.

(Baca: Polisi Usut Puluhan Kotak Suara Terbakar di Sumatera Barat)

Pasukan Brimob ini belum dipastikan secara persis akan sampai kapan berada di Jakarta dan akan berasal dari mana saja. "Saya belum dapat info pastinya seperti apa. Harus dipastikan dulu pada Satuan Operasi besok," tutur Dedi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Polda Bali mengirimkan 200 personil yang dipimpin Komandan Yon Satuan Brimob Polda Bali, AKBP I Ketut Alit.

Para personil Polda Bali diberangkatkan melalui Lapangan Udara Ngurah Rai Bali dengan menggunakan pesawat sewa Lion Air dengan no penerbangan JT 3019 pada Senin (22/4). Polda Kalimantan Barat juga ikut menyerahkan 100 personil yang dipimpin Iptu Supriyanto.

(Baca: Hashim Sebut Prabowo Tak Akan Tempuh Langkah di Luar Hukum)

Sementara dari laporan Antara di berbagai daerah, Polda Jambi yang mengirimkan dua kompi (lebih kurang 200) personel Brimob ke Jakarta dan Polda Maluku yang mengirimkan dua SSK (Satuan Setingkat Kompi) personel Brimob ke ibu kota negara.

Pasukan yang tiba di Jakarta di antaranya menyebar di tiga titik yakni WTC Mangga Dua, ITC Mangga Dua dan Pasar Pagi Mangga Dua, Jakarta Utara.

 

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait