Dampingi Deklarasi Kemenangan Versi Prabowo, Sandiaga Pilih Membisu

Mengulang pernyataan pada Rabu (17/4) malam, Prabowo mengklaim kemenangan versi perhitungan sendiri sebesar 62%.
Ameidyo Daud Nasution
18 April 2019, 18:24
Prabowo klaim menang
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Prabowo dan Sandiaga Uno deklarasi kemenangan versi perhitungan suara kelompok sendiri di Kertanegara, Kamis (18/4/2019)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kembali mengulangi deklarasi kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden RI 2019-2024. Berbeda dengan deklarasi sebelumnya, calon wakil presiden Sandiaga Uno turut mendampingi Prabowo.

Mengulang pernyataan pada Rabu (17/4) malam, Prabowo mengklaim kemenangan versi perhitungan kelompoknya sebesar 62%. Prabowo menyatakan perhitungan suara ini menggunakan data C1 yang berisi hasil suara di Tempat Pemungutan Suara yang dikumpulkan kelompok internalnya.

Prabowo menyatakan deklarasi perlu dilakukan di tengah upaya kecurangan di tingkat desa hingga kabupaten dan kotamadya se-Indonesia. "Saya Prabowo Subianto menyatakan bahwa saya dan saudara Sandiaga Salahudin Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024," kata dia.

(Baca: Prabowo Sujud Syukur Klaim Kemenangan Hitungan Sendiri 62%)

Advertisement

Dia juga berterima kasih kepada pendukungnya mulai dari partai politik Koalisi Adil Makmur, ulama, relawan, tokoh agama, milenial, hingga emak-emak militan. Prabowo juga meminta barisan pendukungnya tak jumawa dengan hasil ini. "Kami mohon, jangan bersikap jumawa," kata dia.

Pilpres prabowo
Prabowo tampak sujud syukur setelah menyatakan kemenangannya pada Rabu (17/4). (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

 

Prabowo menyatakan berkenan untuk merajut tali persahabatan dengan kubu Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Bahkan dia mengutip pernyataan Jokowi saat debat bahwa rantai yang putus perlu disambung kembali.

"Saya dan Sandi akan bersahabat dengan pak Joko Widodo, pak Ma'ruf dan semua jajaran 01," ujarnya.

(Baca: Unggah Foto di Instagram, Sandiaga: Mohon Maaf Belum Bisa Mendampingi)

Terakhir, Prabowo siap membangun pemerintahan yang terdiri dari putra putri terbaik bangsa. Dia juga menyatakan akan menyingkirkan perbedaan agama, suku, etnis, agar bahu membahu membangun bangsa sesuai ideologi Pancasila.

"Untuk mewujudkan Indonesia berdaulat adil makmur dan dihormati dalam pergaulan internasional," katanya.

Dalam deklarasi ini, Sandiaga Uno tak memberikan pernyataan apapun. Sandi hanya diam mendengarkan deklarasi yang dibacakan Prabowo dan tampak murung. Usai deklarasi, Sandi melemparkan senyumnya sesekali. 

(Baca: Jokowi Dapat Ucapan Selamat Menang Pilpres dari 25 Pemimpin Negara)

 

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait