Logistik Tak Tersedia, Pemilu di Jayapura dan Maluku Akan Diulang

Image title
Oleh Antara
17 April 2019, 14:13
No image
Petugas PPSU dan PPK tengah membereskan logistik Pemilu 2019 di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (15/4). Kendala logistik membuat Pemilu di Jayapura dan Maluku akan diulang.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu) Abhan mengatakan dua wilayah di Indonesia yaitu beberapa distrik di Jayapura dan Maluku akan diadakan Pemilu ulang. Di kedua wilayah tersebut pemungutan suara tak berjalan karena belum ada ketersediaan logistik Pemilu.

"Hingga saat ini ada info wilayah yang belum ada logistik Pemilu sama sekali, yaitu dua distrik di Jayapura dan wilayah Maluku, ini keputusannya terpaksa harus Pemilu ulang," kata Abhan ketika mengunjungi Bawaslu Jawa Tengah, Rabu (17/4) dikutip dari Antara.

(Baca: Bawaslu Temukan 26 Kasus Indikasi Politik Uang Selama Masa Tenang)

Abhan mengatakan hingga saat ini pihaknya hanya mendapat laporan kendala masalah logistik di wilayah Jayapura dan Maluku. Bila daerah lain pun mengalami kendala yang sama, maka Pemilu pun harus diulang.

"Iya aturannya kalau memang tidak bisa sama sekali diselenggarakan Pemilu maka harus diulang sesegera mungkin, hanya saja sampai saat ini masih masuk hanya dua laporan tersebut," kata Abhan.

Hingga kini Bawaslu belum mengetahui penyebab kendala logistik. Pihaknya akan mengadakan investigasi bersama KPU sehingga dapat mengetahui akar permasalahan kendala logistik tersebut.

(Baca: Usai Mencoblos, Jokowi dan Prabowo Mengaku Lega)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...