Jokowi: Jangan Pesimistis, Indonesia Tidak Akan Bubar

Menurut Jokowi, tidak ada satu pun negara maju yang rakyatnya bersikap pesimistis.
Dimas Jarot Bayu
13 April 2019, 17:19
kampanye akbar Jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Jokowi berpidato dalam acara Konser Putih Bersatu Stadion Utama GBK, Senayan- Jakarta Pusat (13/4).

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo meminta agar masyarakat tidak bersikap pesimistis. Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia tidak akan bubar.

Menurut Jokowi, tidak ada satu pun negara maju yang rakyatnya bersikap pesimistis. "Negara maju di mana pun pasti rakyatnya optimistis," kata Jokowi dalam kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/4).

Jokowi mengatakan, Indonesia saat ini telah menjadi negara G20 atau kumpulan 20 negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

(Baca: Jokowi: Saya dan Ma'ruf Amin Wakafkan Diri untuk Indonesia)

Advertisement

Jokowi memastikan bahwa negara Indonesia tidak akan bubar. Pernyataan ini menyindir ucapan calon presiden nomor urut 02 yang sebelumnya menyebut Indonesia akan bubar pada 2030.

Menurut Jokowi, Indonesia saat ini sudah berada pada jalan yang benar. Dia menyatakan memang kadang-kadang ada kesulitan dan kepahitan dalam mengelola Indonesia.

Hanya saja, dia menilai itulah jalan yang harus ditempuh Indonesia. Menurutnya, Indonesia tak bisa menempuh jalan instan untuk bisa menjadi negara maju.

"Tidak ada (jalan instan) dalam negara sebesar Indonesia. Percaya saya," kata Jokowi.

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait