Target Lifting Tak Tercapai, SKK Migas: Sudah di Atas Perkiraan DEN

Image title
5 April 2019, 07:07
lifting migas
Dok. Chevron
Realisasi produksi minyak dan gas siap jual (lifting) selama kuartal I tahun ini berada di bawah target.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) siap jual (lifting) selama kuartal I tahun ini berada di bawah target. Kepala SKK  Migas Dwi Soetjipto mengatakan, capaian lifting migas untuk kuartal 1 sudah di atas perkiraan analisa Dewan Energi Nasional (DEN).

"Kalau dari analisa DEN 2017, tahun ini tuh produksi cuma 630 barel. Tapi kalau lifting sekarang bisa sampai 745 barel, maka sudah di atas perkiraan DEN waktu itu," ujar Dwi di Kementerian ESDM, Kamis (4/4).

(Baca: Lifiting Migas Kuartal 1 2019 Tak Capai Target, Ini penyebabnya)

Capaian lifting selama tiga bulan terakhir 94,6% atau sekitar 1.814 juta dari target 2.025 juta barel setara minyak per hari (BOEPD). Adapun lifting minyak dan kondensat sebesar 745 ribu BOPD, atau 96,1% dari target APBN 2019 sebesar 775 ribu BOPD. Sementara lifting gas sebesar 1.069 ribu BOEPD, atau 93,8% dari target APBN 2019 yang sebesar 1.250 ribu BOEPD.

Menurut Dwi, Indonesia memang sedang mengalami tren penurunan lifting migas. Dwi mengungkapkan, saat ini upaya yang bisa dilakukan hanyalah menahan laju produksi migas supaya tidak terus menurun.

“Kalau kami tidak berusaha, penurunannya bisa di angka 12%. Namun kami telah berusaha keras. Yang kami capai 745 ribu barel selama tiga bulan itu setelah upaya kami menekan penurunan,” kata dia. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...