Menjajal MRT, Jokowi Sebut Simbol Peradaban Baru Jakarta

Michael Reily
19 Maret 2019, 19:08
No image
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi memulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada hari ini, Selasa (12/3/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para menteri Kabinet Kerja uji coba Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta untuk rute Bundaran HI - Lebak Bulus dan sebaliknya. Masyarakat pun berbondong datang untuk mengabadikan para pemimpin negara dalam moda transportasi terbaru Jakarta. 

Jokowi dan para menteri tiba di stasiun Bundaran HI sekitar pukul 11.55 untuk naik MRT arah stasiun Lebak Bulus. Dia juga ditemani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Presiden Joko Widodo mencoba MRT
Presiden Joko Widodo dan Gubernur Anies Baswedan saat menjajal MRT, Selasa (19/3).  (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Tampak pula beberapa menteri, di antaranya Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

(Baca: Pemerintah Bakal Umumkan Tarif MRT Jakarta Pekan Ini)

Jokowi menyatakan penggunaan MRT adalah peradaban baru untuk masyarakat. "Kami harap, ke depan, penggunaan mobil pribadi atau sepeda motor mulai beralih kepada MRT yang sangat nyaman, misalnya beberapa orang mau makan di Senayan, dari HI. Cukup 10 menit nanti kembali ke kantor lebih cepat," katanya dalam perjalanan MRT, Jakarta, Selasa (19/3).

Perjalanan bawah tanah MRT berlangsung dari Bundaran HI sampai Senayan, melewati Dukuh Atas, Setiabudi, Benhil, Istora. MRT pun beranjak melaju ke jalan layang dengan pemandangan Masjid Al-Azhar, terus melalui Sisingamaraja, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, sampai stasiun terakhir Lebak Bulus.

Uji coba MRT
Masyarakat berpose di gerbong MRT . (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

Dalam MRT berkapasitas enam gerbong, Jokowi masuk ke dalam gerbong kelima. Dia juga sempat menyapa orang-orang yang ikut naik MRT di gerbong ke-4 dan juga gerbong ke-6. Masyarakat pun berebutan untuk mengambil foto dan video. 

(Baca: Antusias Warga Mencoba Transportasi Baru Jakarta: Kereta MRT)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...