Sandiaga Akan Sinergikan e-KTP, Ma'ruf Ajak Berantas Hoaks

Dimas Jarot Bayu
17 Maret 2019, 23:38
Debat Cawapres Pilpres 2019
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin (kiri) berbincang dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) usai mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji jika dirinya terpilih bersama Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 tak akan membuat berbagai program kartu. Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengajak masyarakat untuk bersama melawan hoaks dan fitnah. Keduanya menyampaikan pesan tersebut dalam penutup debat ketiga.

Sandi mengatakan akan mensinergikan seluruh programnya dalam kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Kebijakan ini berbeda dengan program pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang akan meluncurkan tiga kartu, yakni Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dan Kartu Pra-kerja.

"Kami tidak ingin merepotkan dengan membuat kartu-kartu yang lain," kata Sandiaga dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

(Baca: Dengan Tiga Kartu “Sakti”, Ma’ruf Amin Janji Masa Depan Lebih Baik)

Sandi menilai e-KTP yang ada sudah super canggih. Dalam e-KTP, ada chip yang terhubung dengan big data. Alhasil, e-KTP dapat memudahkan pemberian berbagai layanan dari pemerintah.

"Semua fasilitas layanan baik ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, Rumah Siap Kerja, PKH Plus hanya butuhkan KTP ini," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga juga berjanji menciptakan 2 juta lapangan kerja baru di Indonesia jika terpilih dalam Pilpres 2019. Dia juga menjanjikan ada dua juta wirausahawan baru.

Selain itu, Sandiaga berjanji menurunkan tingkat pengangguran di usia muda sebanyak dua juta orang. Semuanya itu akan dilakukan melalui program OK OCE dan Rumah Siap Kerja.

(Baca: Perseteruan Ma'ruf dan Sandi soal Badan Riset Nasional)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...