Survei Konsepindo: Prabowo-Sandi Menang Tipis di Sumatra

Dimas Jarot Bayu
14 Maret 2019, 08:38
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Prabowo-Sandi ungguli Jokowi-Ma'ruf di wilayah Sumatra.

Hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo) mencatat pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih kalah dari pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Sumatera. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di wilayah tersebut sebesar 40%.

Sementara, elektabilitas pasangan nomor urut 02 di wilayah tersebut sebesar 42,5%. Adapun responden di Sumatera yang belum menentukan pilihan sebesar 17,5%. "Di Sumatera pasangan Prabowo-Sandiaga unggul 2,5%," kata Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman di Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Survei Terbaru Konsepindo: Elektabilitas Jokowi Masih Ungguli Prabowo)

Meski demikian, Jokowi-Ma'ruf masih unggul di wilayah lainnya ketimbang Prabowo-Sandiaga. Di Jawa, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 49,6%. Sementara, Prabowo-Sandiaga memperoleh suara di Jawa sebesar 30,9%. Responden di Jawa yang belum menentukan pilihan sebesar 19,5%.

Di Sulawesi, Jokowi-Ma'ruf memiliki elektabilitas sebesar 58,9%. Elektabilitas Prabowo-Sandiaga di wilayah tersebut sebesar 26,7%. Adapun, 14,4% responden belum menentukan pilihan.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Kalimantan sebesar 65%. Perolehan suara Prabowo-Sandiaga di wilayah tersebut sebesar 25%. Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 10%.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...