Basarnas Deteksi Lima Titik Sinyal Kotak Hitam Lion Air JT 610

Dimas Jarot Bayu
31 Oktober 2018, 18:40
No image
Hasil evakuasi, Basarnas menemukan barang-barang korban, bagian tubuh, dan kartu identitas penumpang dan membawanya ke Posko Basarnas Jakarta International Container Center (JICT) II, Jakarta Utara.

Badan SAR Nasional telah mendeteksi sinyal kotak hitam (blackbox) dari pesawat Lion Air  JT 610 yang jatuh Senin lalu. Humas Basarnas Yusuf Latif mengatakan, ada beberapa sinyal yang ditangkap dari alat Ping Locator.

"Ada lima titik untuk sinyal blackbox," kata Yusuf ketika dihubungi Katadata.co.id, Rabu (31/10).

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar menambahkan, lima titik sinyal kotak hitam tersebut ditemukan di sekitar perairan Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat. Saat ini, Tim SAR Gabungan sudah diterjunkan ke lima titik koordinat tertangkapnya sinyal kotak hitam tersebut.

(Baca juga: Pesawat JT 610 Jatuh, Direktur Teknik Lion Air Dipecat)

Didi mengatakan, ada 44 unit kapal, seperti dari Basarnas, Kementerian Perhubungan, TNI AL, Polair, KPLP, dan Subair yang dikerahkan untuk pencarian. Jumlah tersebut ditambah tiga kapal dari masyarakat setempat. Sebanyak 47 kapal tersebut kemudian dibagi ke lima titik koordinat ditangkapnya sinyal kotak hitam.

Dari udara, pencarian dilakukan menggunakan enam helikopter. Sementara, ada lebih dari 1000 personel gabungan dari Basarnas, TNI AL, TNI AU, TNI AD, Polri, KPLP, dan Bea Cukai yang terbagi di air dan darat.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...