Dilantik Jadi Wagub NTB, Kakak TGB Ikuti Jejak Adik Dukung Jokowi

Kakak TGB, Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah meninggalkan Demokrat dan akan mendukung Jokowi di Pilpres 2019.
Ameidyo Daud Nasution
19 September 2018, 16:32
Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB Terpilih Zulkieflimansyah.
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (kiri) dan Gubernur NTB Terpilih Zulkieflimansyah (kanan) di Posko Utama Pengungsian Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (13/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik pasangan Zulkifliemansyah dengan Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat periode 2018 - 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini.

Zulkifliemansyah merupakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sedangkan Sitti Rohmi merupakan kakak dari M. Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB). Layaknya sang adik, Sitti Rohmi bakal hengkang dari Partai Demokrat dan balik kanan mendukung Jokowi dalam Pemilihan Presiden tahun depan.

"Saya sudah mundur dari Demokrat, tidak lama setelah TGB mundur," kata dia. Sitti mengatakan saat ini belum memiliki kendaraan partai lagi.

(Baca: TGB Digadang Jadi Calon Wakil Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf)

Advertisement

Dia juga siap apabila harus bergabung dengan tim kampanye Jokowi - Ma'ruf Amin. Namun hal tersebut tentunya masih melihat kebutuhan yang ada terlebih dahulu. "Bersedia, kenapa tidak, selama itu baik," ujar dia.

Usai pelantikan, Jokowi meminta keduanya bekerja cepat menyelesaikan rehabilitasi setelah gempa Lombok. Rehabilitasi yang membutuhkan percepatan yakni rumah masyarakat, sekolah, rumah sakit, hingga fasilitas umum lainnya.

"Tugas utamanya ke sana dulu," kata Jokowi.

(Baca juga: Usai Dilantik, Lima Gubernur Siap Menangkan Jokowi di Pilpres 2019)

 

Rencananya Zulkifliemansyah akan memanggil para Bupati daerah yang terkena dampak gempa. Apalagi selain wilayah di Lombok, ada dua Kabupaten pulau Sumbawa yakni Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang mengalami kerusakan berat.

"Mudah-mudahan dengan koordinasi, pekerjaan berat menjadi ringan," katanya.

Mantan Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat ini juga mengatakan sudah ada dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah cair. Dia berharap penggunaan anggaran ini dapat dijaga akuntabilitasnya.

"Kalau tidak salah sudah cair Rp 300 miliar," kata Zulkifliemansyah.

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait