Dianggap Berlebihan, Impor Ban hingga Keramik Akan Dikendalikan

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2018, 20:09
Pelabuhan Ekspor
Katadata
Pelabuhan ekspor dan impor.

Sebanyak 900 komoditas impor yang akan dikendalikan pemerintah diperkirakan berasal dari barang konsumsi. Beberapa komoditas yang berpotensi dikendalikan, seperti ban, kosmetik, pelumas, hingga keramik.

Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier mengatakan, sejumlah komoditas konsumsi tersebut akan dikendalikan lantaran nilai impornya yang cukup besar.

Bawazier mencontohkan, impor ban dari Januari hingga Juni 2018 sudah mencapai US$ 350 juta. Nilai impor ban melonjak jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar US$ 150 juta.

(Baca juga: Pengendalian Impor, Pemerintah Susun Pedoman Daftar Barang)

Ada pun, impor produk pelumas dari Januari hingga Juni 2018 mencapai US$ 230 juta. "Ini naik terus tiap tahun," kata Bawazier di Jakarta, Rabu (29/8).

Menurut Bawazier, impor sejumlah komoditas konsumsi itu meningkat sejak  kebijakan post-border yang menghapus rekomendasi dari Kemenperin. Sementara, pengawasan terhadap impor barang masih cukup rendah.

Alhasil, impor barang tersebut menjadi tidak terkontrol. Karenanya, Taufik menilai wacana pengendalian 900 komoditas impor berpotensi menyasar barang-barang konsumsi tersebut.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...