Anies Sebut Calon Wagub Pengganti Sandiaga Uno Telah Disiapkan

Dimas Jarot Bayu
17 Agustus 2018, 05:00
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno (kiri) seusai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan kandidat wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno saat ini telah disiapkan. Pemrosesan cawagub setelah proses pengunduran diri Sandiaga ke DPRD beres.

Setelah proses DPRD kelar, maka akan ada penetapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi mengenai pengunduran diri Sandiaga.

"Karena saat ini yang ada baru pengunduran diri dari wagub tapi belum ditetapkan oleh dewan dan presiden," kata Anies di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

(Baca juga: Sandiaga Uno Mundur, Gerindra dan PKS Incar Posisi Wagub Jakarta)

Anies menyatakan belum mengetahui siapa yang akan menjadi pengganti Sandiaga. Kandidat wagub ini diusulkan oleh dua partai politik pengusung Anies-Sandi yakni Gerindra dan PKS.

Anies menyatakan siap menerima siapa pun yang akan menjadi wakilnya kelak. "Saya bisa dengan siapa saja," kata Anies.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan surat pengunduran diri Sandiaga telah dilayangkan ke DPRD DKI Jakarta. Surat tersebut nantinya akan dilanjutkan ke Kemendagri lalu diserahkan kepada Jokowi. Nantinya, Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres).

Mardani masih enggan menyampaikan siapa yang akan menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. Dia menyatakan kandidat yang dicalonkan masih terus dibahas oleh PKS bersama Gerindra.

(Baca juga: PKS Klaim Paling Berhak Isi Posisi Jabatan Wagub Jakarta)

Menurut Mardani, dirinya siap menjadi wagub bila diperintah PKS untuk menggantikan Sandiaga. "Pokoknya yang penting kerja saja, dapat tugas siap," kata Mardani.

Selain Mardani, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang disebut-sebut sebagai bakal calon wagub DKI Jakarta dari PKS. Ada pun, politikus Gerindra yang digadang sebagai cawagub yakni Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik.

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait