Jabat Menpan-RB Hanya Setahun, Syafruddin Lanjutkan Program Asman

Kapolri Tito Karnavian akan mendiskusikan pejabat Wakapolri yang akan menggantikan Syafruddin dengan Jokowi.
Dimas Jarot Bayu
15 Agustus 2018, 13:18
Komjen Pol Syafruddin
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) memberi ucapan selamat kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol Syafruddin (kiri) usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk menggantikan Asman Abnur.  Syafruddin menyatakan dia akan fokus menyelesaikan tugas-tugas yang ditinggalkan Asman Abnur.

Syafruddin menyatakan keputusannya itu sebagaimana perintah Jokowi mengingat masa jabatan pemerintahan hanya tersisa sekitar setahun.

"Kami akan selesaikan program yang sudah dilaksanakan lima tahunan. Kami selesaikan saja," kata Syafruddin di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8).

(Baca juga: Komjen Syafruddin Resmi Jabat Menpan-RB Gantikan Asman)

Syafruddin sendiri menilai kinerja Asman selama ini sudah bagus. Sebab, berbagai program selama Asman menjabat telah berjalan baik.

Bahkan, program kerja tersebut kerap diapresiasi kementerian/lembaga lain. Atas dasar itu dia menilai lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditinggalkan Asman.

"Menyelesaikan semua program dan target yang sudah direncanakan oleh Menpan RB yang lama," kata Syafruddin.

Belum ada pengganti Syafruddin

Sementara itu Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menyatakan hingga kini belum memilih wakil kepala Polri yang menggantikan posisi Syafruddin.

Tito mengatakan, nantinya posisi Wakapolri akan diisi oleh perwira polisi bintang dua atau bintang tiga. Kendati, hal tersebut perlu dikonsultasikan kepada Presiden Jokowi.

Alasannya, Jokowi yang memiliki hak prerogatif untuk menunjuk pengisi jabatan Wakapolri setelah diusulkan Tito. "Nanti saya konsultasikan dulu dengan Pak Presiden. Mekanismenya memang begitu," kata Tito.

Syafruddin sendiri menilai saat ini banyak perwira polisi bintang dua dan bintang tiga yang mumpuni untuk menggantikannya. Termasuk di antaranya Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Aziz.

Meski demikian, Syafruddin menyerahkan keputusan atas pengganti dirinya kepada Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Wanjakti Polri saat ini diketuai Tito.

"Terserah Wanjakti nanti. Saya sudah tidak punya kewenangan bicara tentang Wanjakti," ucap Syafruddin.

Asman sebelumnya mundur dari jabatan Menteri PAN-RB setelah mendapat desakan dari partai-partai pengusung Jokowi. Asman selama ini di kabinet mewakili Partai Amanat Nasional (PAN).

Sementara dalam Pilpres 2019, PAN mendukung Prabowo Subianto- Sandiaga Uno. PAN berkoalisi bersama PKS, Gerindra, dan Partai Demokrat menjadi penantang Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

(Baca juga: Terancam Reshuffle, Asman Abnur Mundur dari Jabatan Menteri)

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait