Jokowi Akan Umumkan Cawapres ke Ketua Partai pada Kamis

Dimas Jarot Bayu
7 Agustus 2018, 14:39
Jokowi Bermain Bersama Anak
Biro Pers Setpres | Laily Rachev
Presiden Jokowi bersama anak-anak.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberitahukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya paling lambat pada Kamis (9/8) besok. Jokowi akan memberitahukan terlebih dahulu cawapres pilihannya dalam pertemuan yang mengundang Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal partai koalisi.

Pramono mengatakan pemberitahuan cawapres itu sehari menjelang Jokowi mendaftarkan dirinya dan pasangannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Yang jelas sebenarnya satu hari sebelum Jumat (10/8) sudah bisa diketahui," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/8).

(Baca juga: Sekjen Koalisi Jokowi akan Datangi KPU untuk Persiapan Daftar Pillpres)

Pramono mengatakan Jokowi akan memilih cawapres yang dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Namun, dia tidak mengetahui latar belakang cawapres tersebut.

Pramono juga memastikan pengumuman cawapres tidak tidak menunggu putusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan masa jabatan Wakil Presiden. "Kalau menunggu MK tidak putus-putus, waktunya sudah sempit," katanya.

Sementara itu hari ini sembilan sekretaris jenderal partai koalisi pendukung Jokowi berencana mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

(Baca juga: Jokowi Akan Umumkan Cawapres di Akhir Pendaftaran Pilpres)

Para Sekjen akan memberitahukan KPU mengenai persiapan Jokowi untuk mendaftar Pilpres 2019. "Semuanya sebenarnya telah kami siapkan, kecuali nama cawapresnya saja masih kosong," kata Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani di Posko Cemara, Jakarta, Senin (6/8) malam.

Selain itu, sembilan sekjen juga akan memberi perkiraan waktu kepada KPU, kapan Jokowi akan mendaftarkan dirinya dalam Pilpres 2019. Arsul mengatakan para ulama mengusulkan Jokowi mendaftarkan pada hari Jumat karena dianggap hari baik.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait