Luhut Klaim Persiapan Pertemuan Tahunan IMF-WB Capai 85%

Dimas Jarot Bayu
3 Agustus 2018, 14:17
IMF-World Bank Annual Meeting 2018.
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pengerjaan persiapan perluasan apron sisi barat Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Kamis (3/5/2018). Kegiatan ini untuk menyambut penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perkembangan persiapan pertemuan tahunan International Monetary Fund - World Bank (IMF-WB Annual Meeting) di Bali pada Oktober 2018 sudah mencapai 85%. Perkembangan tersebut mencakup pembangunan infrastruktur, keamanan, transportasi, hingga proses mitigasi bencana.

"Semua sudah kami bicarakan dan mereka (IMF dan WB) sudah puas dan lihat sendiri," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (3/8).

Luhut menjelaskan, saat ini pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sudah hampir selesai. Begitu pula dengan penambahan area parkir (apron) pesawat di Bandara Ngurah Rai, Bali, seluas lima hektar menjadi 47,9 hektar.

(Baca juga: Luhut Janjikan Separuh Biaya Rapat Tahunan IMF Kembali ke Kas Negara)

Untuk apron, Luhut menargetkan pembangunannya dapat selesai pada September 2018. "Kami melebarkan apron di Bali saja itu mengakibatkan tambah 1,2 juta turis yang bisa datang," kata Luhut.

Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 13 ribu personel polisi untuk mengamankan perhelatan tahunan IMF-WB. Menurut Petrus, polisi bakal bekerja sama dengan TNI dan Pasukan Pengamanan Presiden untuk menjaga keamanan tiap peserta IMF-WB Annual Meeting.

(Baca juga: Menkeu: Anggaran Annual Meeting IMF di Bawah 4 Tuan Rumah Sebelumnya)

Polisi juga telah membuat perimeter untuk beberapa lokasi yang dianggap vital dalam pertemuan tahunan IMF-WB. "Personel Polda Bali itu pengamanan siaga satu untuk pengamanan IMF-WB Annual Meeting," kata Petrus.

Selain persiapan teknis, pemerintah juga menyiapkan beberapa agenda kegiatan selama IMF-WB Annual Meeting.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, salah satu kegiatan yang akan diadakan yakni Bali Fintech Agenda.Kegiatan tersebut akan membuat rumusan pengembangan fintech sehingga menjadi rujukan dunia internasional.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...