Jokowi Akan Umumkan Cawapres di Akhir Pendaftaran Pilpres

Ameidyo Daud Nasution
24 Juli 2018, 11:50
Jokowi
Biro Pers Istana Kepresidenan
Pertemuan Presiden Jokowi dan pimpinan enam parpol.

Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan enam ketua umum partai politik berujung pada kesepakatan nama calon wakil presiden. Meski telah mengantongi satu nama, Jokowi akan mengumumkan cawapres pada akhir masa pendaftaran pemilihan presiden 2019.

"Koalisi menyepakati secara bulat satu nama cawapres warga terbaik Indonesia untuk mendampingi Jokowi," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy, dikutip dari Antaranews, Selasa (24/7).

Romy mengatakan momen penyampaian nama cawapres pun diserahkan sepenuhnya kepada Jokowi. "Koalisi memberikan kehormatan tertinggi kepada Presiden Jokowi untuk mengumumkan pada saatnya," kata Rommy.

Rommy mengatakan, koalisi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan waktu pendaftaran ke KPU pada hari-hari terakhir pendaftaran Pilpres 4-10 Agustus 2018.

“Tidak dalam waktu yang amat dekat, karena tentu ini terkait juga dengan strategi politik. Kemungkinan besar seperti yang sudah saya sampaikan pada hari akhir pendaftaran dan tidak dalam hari pertama pendaftaran,” kata Rommy.

 (Baca juga: Jokowi Makan Malam dengan Semua Ketum Parpol Koalisi di Bogor)

Rommy mengatakan enam partai telah menyatakan solid mendukung Jokowi dan tak berminat untuk bergabung dengan koalisi lain. Koalisi ini telah menyiapkan pertemuan kembali pekan depan atau selambatnya awal Agustus nanti.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...