Jokowi Akan Umumkan Cawapres di Akhir Pendaftaran Pilpres

“Tidak dalam waktu yang amat dekat, karena tentu ini terkait juga dengan strategi politik."
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
24 Juli 2018, 11:50
Jokowi
Biro Pers Istana Kepresidenan
Pertemuan Presiden Jokowi dan pimpinan enam parpol.

Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan enam ketua umum partai politik berujung pada kesepakatan nama calon wakil presiden. Meski telah mengantongi satu nama, Jokowi akan mengumumkan cawapres pada akhir masa pendaftaran pemilihan presiden 2019.

"Koalisi menyepakati secara bulat satu nama cawapres warga terbaik Indonesia untuk mendampingi Jokowi," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy, dikutip dari Antaranews, Selasa (24/7).

Romy mengatakan momen penyampaian nama cawapres pun diserahkan sepenuhnya kepada Jokowi. "Koalisi memberikan kehormatan tertinggi kepada Presiden Jokowi untuk mengumumkan pada saatnya," kata Rommy.

Rommy mengatakan, koalisi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan waktu pendaftaran ke KPU pada hari-hari terakhir pendaftaran Pilpres 4-10 Agustus 2018.

“Tidak dalam waktu yang amat dekat, karena tentu ini terkait juga dengan strategi politik. Kemungkinan besar seperti yang sudah saya sampaikan pada hari akhir pendaftaran dan tidak dalam hari pertama pendaftaran,” kata Rommy.

 (Baca juga: Jokowi Makan Malam dengan Semua Ketum Parpol Koalisi di Bogor)

Rommy mengatakan enam partai telah menyatakan solid mendukung Jokowi dan tak berminat untuk bergabung dengan koalisi lain. Koalisi ini telah menyiapkan pertemuan kembali pekan depan atau selambatnya awal Agustus nanti.

Sebaliknya koalisi pengusung Jokowi membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung. Rommy, mempersilakan Demokrat bergabung dengan koalisi pengusung Jokowi apabila hasil pembicaraan dengan Gerindra tidak menggembirakan.

Rencananya hari ini Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertemu dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo.

Pertemuan antara Jokowi dan enam ketua parpol berlangsung sekitar empat jam dimulai pukul 20.00 WIB. Para tokoh yang hadir yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Romahurmuziy.

Salah satu agenda pertemuan adalah membahas cawapres yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019. Di awal pertemuan, Jokowi sempat mengunggah fotonya sedang santap malam bersama keenam Ketum parpol.

 Dari foto unggahan Jokowi, tampak mereka duduk di sebuah meja kayu panjang dengan Jokowi duduk di ujung meja. "Masalah bangsa tak akan bisa dipikirkan dan diselesaikan satu orang saja," kata Jokowi dalam unggahannya.

 (Baca juga: Jokowi Ungkap Mahfud MD, TGB, dan Airlangga Masuk Bursa Cawapres)

 

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait