Menteri Puan dan Yasonna Laoly Kembali Daftar Caleg DPR Lewat PDIP

Dimas Jarot Bayu
17 Juli 2018, 16:44
Puan Maharani
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Puan Maharani kembali mendaftar caleg untuk dapil Jawa Tengah.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencalonkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Pileg 2019. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Puan dan Yasonna masing-masing bakal dicalonkan dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Hasto mengatakan, awalnya PDIP ingin mencalonkan tujuh orang menterinya sebagai (caleg). Beberapa di antaranya seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Advertisement

Namun setelah berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), PDIP menilai masih banyak menteri yang perlu mendukung proses pemerintahan. Terlebih, proses pemilu pada 2019 mendatang tak boleh terganggu.

"Karena itulah demi melihat kepentingan bangsa dan negara, ada sekitar tujuh menteri yang ingin dicalonkan, pada akhirnya kami hanya memutuskan Mbak Puan dan Pak Yasonna," kata Hassto di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7).

(Baca juga: Alasan 15 Partai Politik Daftarkan Caleg di Hari Terakhir)

Menurut Hasto, Puan dan Yasonna tak akan mundur dari jabatannya meski akan bertanding dalam Pileg 2019. Dia berdalih Puan dan Yasonna dapat menjaga disiplin ketika menjalankan tugasnya.

Puan dan Yasonna pun dipastikan akan mengajukan cuti ketika kampanye Pileg 2019. "Karena bagaimanapun tanggung jawab ke bangsa dan negara dan ke pemerintah Bapak Jokowi," kata Hasto.

Selain kedua menteri tersebut, PDIP juga mencalonkan pendiri PKS Yusuf Supendi. Hasto mengatakan, dirinya telah banyak berbincang dengan Yusuf terkait pencalonannya sebagai anggota legislatif dari dapil Jawa Barat V. Menurut Hasto, Yusuf bakal mampu menggelorakan pemikiran Bung Karno tentang kebangsaan dan Islam.

(Baca juga: Nasdem dan Berkarya Gaet Artis sebagai Strategi di Pileg 2019)

PDIP juga beberapa akademisi di bidang kesehatan, seperti Guru Besar Universitas Hasanuddin Abdul Rozak Taha, Guru Besar UI Hasbullah Tabrani dan Purnawan Junaidi, Kemudian pakar hukum kesehatan Diah Arimbi.

Partai berlambang banteng moncong putih itu juga merekrut beberapa artis sebagai caleg. Mereka, yakni Krisdayanti di dapil Malang Raya, Ian Kasela di dapil Kalimantan Selatan, Jeffry Waworuntu di dapil Maluku, serta Harvey Malaiholo di dapil Papua Barat. Ada pula Lita Zen, Cica Koeswoyo, Sari Yok Koeswoyo, Ii Sugianto, serta Angel Karamoy.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement