Johan Budi Masuk Daftar Caleg DPR dari PDIP untuk Dapil Jawa Timur

Johan mengatakan dirinya mendapatkan tawaran dan didaftarkan oleh PDIP.
Ameidyo Daud Nasution
17 Juli 2018, 13:29
Johan Budi
Arief Kamaludin|KATADATA
Juru Bicara Presiden RI, Johan Budi.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi SP bakal mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui PDI Perjuangan (PDIP). Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan Johan akan didaftarkan di daerah pemilihan Jawa Timur.

"Iya saya dengar demikian (Johan Budi mendaftar caleg dari PDIP)," kata Hendrawan ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (17/7).

Hendrawan mengatakan, dia masih belum mendapatkan informasi rinci dapil untuk Johan. "Kepastiannya Jawa Timur berapa saya belum tahu," kata Hendrawan.

PDIP bakal mendaftarkan para caleg yang mengikuti Pemilu 2019 siang ini di KPU. (Baca juga: Alasan 15 Partai Politik Daftarkan Caleg di Hari Terakhir)

Advertisement

 Sementara itu Johan mengatakan dirinya mendapatkan tawaran dan didaftarkan oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri. Johan pun hingga kini belum mengetahui detail di mana wilayah pemilihannya.

"Nanti dijelaskan setelah disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata dia.

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi tersebut juga masih enggan menjelaskan motivasi menjadi anggota DPR. Hingga kini pun belum ada kepastian mengenai kemungkinan Johan akan mundur dari jubir Presiden bila telah memasuki masa kampanye.

Johan menjabat sebagai staf khusus Presiden Jokowi bidang komunikasi sejak Januari 2016. Sebelum itu, pada 2015, Johan menjadi Pelaksana tugas (Plt.) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Deputi Pencegahan KPK.

Johan mulai dikenal publik sejak menjadi juru bicara KPK dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK. Sebelum bekerja di KPK, Johan merupakan salah seorang redaktur di Majalah Tempo.

 

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait