Lebih dari Separuh Caleg PSI dari Kalangan Muda Profesional

Dimas Jarot Bayu
17 Juli 2018, 11:38
PSI
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) berdiskusi dengan Ketua Umum PSI Grace Natalie (kanan) dan pengurus PSI saat proses verifikasi faktual di DPP PSI, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan 575 calon anggota legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (17/7). Caleg PSI dari 80 daerah pemilihan tersebut mayoritas diisi oleh anak muda.

"Dari seluruh caleg yang maju dari PSI, 65% usianya di bawah 45 tahun," kata Ketua Umum PSI Grace Natalie di KPU, Jakarta, Selasa (17/7).

Advertisement

Grace mengatakan, jumlah caleg muda yang didaftarkan PSI merupakan hasil dari kampanye yang mereka bagun selama tiga tahun terakhir. Menurut Grace, banyaknya anak muda yang maju mendaftar menjadi caleg ini merupakan hal positif dan diharapkan menjadi tren baru di Indonesia.

(Baca juga: Alasan 15 Partai Politik Daftarkan Caleg di Hari Terakhir)

Selama ini Grace menilai regenerasi politik di Indonesia belum berjalan. Partai-partai politik yang ada, kata dia, masih didominasi oleh politisi senior.

Dia pun membandingkan kondisi di Indonesia dengan Malaysia. Di Negeri Jiran itu, regenerasi politiknya cukup berkembang sejak 2008. Grace pun tak heran jika Syed Saddiq Abdul Rahman dapat menjadi Menteri Belia dan Sukan (Menteri Pemuda dan Olahraga) di Malaysia pada usia 26 tahun.

"Kalau kita mengharapkan akan lebih banyak anak muda di politik tapi tak dimulai, tidak akan pernah terjadi," kata Grace.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement