Nasdem dan Berkarya Gaet Artis sebagai Strategi di Pileg 2019

Dimas Jarot Bayu
16 Juli 2018, 17:03
nomor urut partai politik
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Sejumlah pengurus partai politik menghadiri pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi partai pertama yang telah mendaftarkan calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (16/7). Nasdem mendaftarkan 20.391 caleg untuk 2.552 daerah pemilihan (dapil). Untuk DPR sendiri, Nasdem mendaftarkan 575 caleg dari 80 dapil.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, banyak artis yang ikut hadir dalam pendaftaran caleg Nasdem ke KPU. Mereka antara lain Nafa Urbach, Manohara Pinot, Tessa Kaunang, Wanda Hamidah, dan Krisna Mukti.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Platte mengatakan, Nasdem memang banyak mendaftarkan caleg yang berasal dari artis. Menurut Johnny, dipilihnya para artis sebagai caleg lantaran mereka membutuhkan saluran politik untuk mendukung profesi mereka.

(Baca juga: Survei LSI Denny JA: PKS, PAN dan Nasdem Terpental dari Parlemen 2019)

Pemilihan artis sebagai caleg juga menjadi salah satu strategi Nasdem untuk bisa memenangkan Pileg 2019. Johnny beralasan, banyak dari artis-artis ini memiliki pendidikan tinggi, berintegritas, serta melek politik. Selain itu, mereka memiliki basis elektoral yang bagus dan berpotensi dikembangkan ke depannya.

"Artis-artis punya popularitas yang tinggi, kami akui itu. Keterkenalannya tinggi, tentu ada kerja politik supaya bisa jadi basis elektoral," kata Johnny di KPU, Jakarta, Senin (16/7).

Meski demikian, Johnny menilai partainya tak hanya bertumpu pada caleg dari artis semata. Ada juga caleg dari profesi lain yang ikut mendaftarkan diri lewat Nasdem, seperti jurnalis, atlet, bankir, pengacara, serta politisi.

Dengan demikian, Nasdem menargetkan dapat meraih tiga besar dalam Pileg 2019 mendatang. Nasdem sendiri menginginkan dapat lebih dari 100 kursi DPR tahun depan. Pada 2014 lalu, Nasdem hanya mampu meraih 36 kursi DPR atau sejumlah 6,4%.

"Intinya kami mencoba berusaha menampilkan tokoh-tokoh politik yang mempunyai kualifikasi untuk memeriahkan dan menyemarakkan kontestasi demokrasi tahun 2019," kata Johnny.

(Baca juga: Jokowi Ungkap Mahfud MD, TGB, dan Airlangga Masuk Bursa Cawapres)

Partai Berkarya yang didirikan oleh Tommy Soeharto juga menggunakan strategi yang sama untuk menggenjot suara di Pileg 2019. Ketua DPP Berkarya Badaruddin Andi Picunang menjelaskan, beberapa pesohor akan bergabung di antaranya Andi Arsyil Rahman, Sultan Djorghi, Raslina Rasyidin, Paramitha Rusady, Annisa Trihapsari, dan Doni Kusuma.

Tak hanya para artis, Partai Berkarya juga terbuka buat berbagai kalangan. Mereka menargetkan 575 kader akan menjadi calon anggota legislatif di Senayan.

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait