SBY Sebut Cawapres Bukan Harga Mati, Demokrat Mulai Lobi Kubu Jokowi

Dimas Jarot Bayu
13 Juli 2018, 19:33
Demokrat dan PDIP
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kiri) menerima kedatangan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto (kedua kanan) di DPP PDIP, Jakarta, Jumat (13/7).

Partai Demokrat mulai menjajaki koalisi dengan PDIP yang merupakan partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Penjajakan ditandai dengan pertemuan antara Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (13/7).

Dalam pertemuan, Agus mengakui membahas berbagai agenda nasional ke depan, termasuk Pileg dan Pilpres 2019. "Tentunya yang dibicarakan soal masalah politik. Pertama kali, kami komit semua, PDIP dan Demokrat untuk menyukseskan Pilpres 2019," kata Agus.

Agus menyatakan Demokrat dan PDIP selama ini memang kerap mengambil posisi politik yang berseberangan. Hanya saja, dia mengklaim ada banyak pula persamaan antara Demokrat dan partai berlambang banteng moncong putih itu.

Agus pun menyatakan jika persamaan antara Demokrat dan PDIP tersebut haruslah diperkuat. "Perbedaan ini adalah suatu khazanah, namun persamaan juga banyak. Jadi yang perlu diperkuat adalah persamaannya," kata Agus.

(Baca juga: Tak Sebut Anies, Demokrat Bakal Usung Jokowi atau Prabowo di 2019)

Agus mengatakan, pertemuan ini baru tahapan awal dari penjajakan koalisi Demokrat-PDIP dan akan terus dilanjutkan untuk mematangkan bentuk koalisi keduanya.

"Kami tentunya akan berhubungan secara terus menerus, dalam artian memberikan sinyal yang positif," kata Agus.

Dia pun berharap agar PDIP nantinya dapat berkunjung balik ke Demokrat. Menanggapi ini, Hasto menyatakan PDIP bakal melakukan dialog intensif dengan Demokrat.

Nantinya, PDIP akan menugaskan Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani menemui Komandan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hasto mengatakan, pertemuan Puan dengan AHY kemungkinan usai proses pendaftaran caleg selesai. "Selalu ada ruang kerja sama antarpartai politik, meskipun posisi politik berbeda," kata Hasto.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...