Golkar Klaim Tak Terlibat Usulan Cawapres Jokowi dari Megawati

Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu - Ameidyo Daud Nasution
9 Juli 2018, 18:11
Joko Widodo & Megawati
Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi dan Megawati di Istana Kepresidenan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2019 dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7) malam. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim belum mengetahui dan tak diajak berkomunikasi perihal cawapres yang diajukan PDIP.

“Belum, kami tunggu saja. Golkar (sendiri) kan sudah menyerahkan (cawapres) kepada bapak Presiden,” kata Airlangga di Istana Bogor, Senin (9/7).

Dalam beberapa kali kesempatan, Golkar menyatakan solid mengusung Airlangga Hartarto sebagai cawapres yang akan mendampingi Jokowi. Namun, Airlangga menyatakan dia menyerahkan sepenuhnya keputusan cawapres kepada Jokowi. 

"Kami serahkan kepada bapak Presiden," kata Airlangga.  (Baca juga: Didukung Elite Golkar, Airlangga Siap Bersaing sebagai Cawapres Jokowi)

Sementara itu, Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP (nonaktif) Puan Maharani mengatakan pertemuan antara Jokowi dan Megawati tak melibatkan partai lain karena bersifat hubungan dua belah pihak. 

"Itu diskusi antara calon presiden dengan salah satu ketua umum. Jadi bisa saja namanya itu dari beliau berdua, atau bagaimana," kata Puan.  

Adapun cawapres hasil rembukan partai koalisi saat ini masih dalam tahap pematangan dengan jumlah yang semakin kecil. "Pasti sudah adalah (cawapres), karena waktu (pendaftaran capres-cawapres) sebulan lagi. Tinggal dimatangkan saja."

Pertemuan Batu Tulis

Pertemuan antara Jokowi dan Megawati di Istana Batau Tulis membicarakan cawapres berlangsung selama hampir dua jam."Nama sudah mengerucut dan sudah dikantongi Pak Jokowi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...