Mobil Pedesaan Akan Diproduksi Massal di Tahun Pemilihan Presiden

Dimas Jarot Bayu
27 Juni 2018, 11:24
Wintor
ANTARA FOTO/HO/Hilman
Presiden Joko Widodo (kanan) mencoba alat angkut perkebunan Wintor, disaksikan Presiden Direktur PT Astra Otoparts, Hamdani Dzulkarnain Salim (kiri), Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (kedua kiri) dan Presdir PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, di Cikarang, Bekasi, Jabar, Jumat (28/7/2017).

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes) atau dikenal dengan mobil pedesaan, akan diproduksi massal pada awal 2019. Mobil pedesaan yang saat ini dalam tahap uji coba dan rencananya akan dipamerkan dalam ajang pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sebagai produsen AMMdes, sedang memproduksi di tahap finalisasi dan uji coba. Kiat Mahesa akan menguji performa dan daya tahan kendaraan secara parsial seperti mesin, sasis, suspensi, transmisi, dan lainnya.

"Pengujian dilakukan untuk menyempurnakan rancangan AMMDes," kata Airlangga di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/6).

(Baca: Gandeng Astra, Pemerintah Siap Produksi Mobil Desa Rp 100 Jutaan)

Setelah rancangan sempurna, AMMdes akan mulai diproduksi massal pada Januari 2019. Alasannya, menunggu penyelesaian pembangunan dua pabrik milik Kiat Mahesa di Klaten dan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Komisaris PT KMWI Sukiat mengatakan, pabrik di Klaten saat ini tengah dalam proses perizinan. Sementara, pembangunan pabrik di Citeureup sudah mulai berjalan.

Nantinya, pabrik di Klaten akan digunakan untuk produksi sasis atau kerangka kendaraan untuk AMMdes. Sasis yang telah dibuat kemudian dikirimkan untuk disempurnakan di pabrik Kiat Mahesa Citeureup.

Dengan selesainya pabrik tersebut, Sukiat memperkirakan produksi AMMdes per bulannya dapat mencapai 400 unit. Jumlah ini meningkat sekitar 10 kali lipat dibandingkan saat ini yang masih sekitar 40-50 unit per bulan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...