Kemenhub Siapkan Kapal Mudik Gratis Tampung Ribuan orang

Kapasitas kapal roro yang disiapkan dapat menampung 1.000 orang dan 500 motor sekali jalan.
Ameidyo Daud Nasution
13 Juni 2018, 15:20
Pemudik Kapal Laut
ANTARA FOTO/Moch Asim
Sejumlah penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6).

Kementerian Perhubungan hari ini memberangkatkan mudik gratis sepeda motor yang diangkut dengan kapal roll on roll off (roro). Kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Semarang, Surabaya, serta Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan masyarakat akan mendapatkan kepastian waktu perjalanan dengan mudik gratis melalui kapal. "Sampai Semarang 8 jam, Bandar Lampung 11 jam, dan Surabaya selama 24 jam," kata Cucu.

Selain itu kapal yang disiapkan untuk mudik gratis kali ini relatif besar. Cucu mengatakan kapasitas kapal roro yang disiapkan dapat menampung 1.000 orang dan 500 motor sekali jalan. Meski belum penuh sepenuhnya namun Cucu menyebut ada kenaikan jumlah pengguna mudik gratis ini sebanyak 50%.

"Untuk ke Semarang sudah full, ke Surabaya masih 60%, ke pelabuhan Panjang (Lampung) sudah 80%," kata Cucu.

Advertisement

(Baca juga: 5 Ruas Tol Trans Jawa Fungsional Mulai Dibuka untuk Mudik)

Bukan hanya kapal, Cucu juga menyampaikan bahwa Kementerian transportasi tersebut telah memberangkatkan 1.130 bus dan 70 truk untuk mudik gratis dimulai sejak tanggal 9 Juni lalu. Untuk bus memiliki 25 tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera dengan mayoritas berada di Jawa Tengah.

"Menuju 25 titik di Jawa Tengah, 5 di Jawa Barat, 1 di Jawa Timur, dan 1 di Sumatera," ujar Cucu.

Sedangkan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga M. Atok Urrahman program ini dilaksanakan untuk mengurangi kecelakaan yang kerap menimpa sepeda motor. Selain itu Atok memprediksi jumlah pemudik tahun 2018 naik 5,1 persen menjadi 19,6 5 juta orang ketimbang tahun lalu.

"Ini upaya pemerintah agar mudik dengan sepeda motor menjadi aman dan nyaman," katanya.

(Baca: Sepuluh Titik Jalan Tol Rawan Macet saat Mudik Lebaran)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait