Jokowi Sebut Pertemuan Trump-Kim Jong Un Wujudkan Perdamaian Dunia

Ameidyo Daud Nasution
12 Juni 2018, 16:58
Pertemuan Trump Kim
Kevin Lim / The Straits Times / Anadolu
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menjabat tangan mereka saat setelah penandatanganan dokumen denukrilisasi, sebagai bagian dari KTT AS-Korea Utara, di Singapura,12 Juni, 2018.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani dokumen untuk memulai program denuklirisasi di semenanjung Korea hari ini di Hotel Capella, Singapura. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kesepakatan kedua pemimpin tersebut dan berharap dapat memberi kontribusi perdamaian dunia.

"Saya menyambut baik, Indonesia juga menyambut baik dan mendukung KTT Amerika Serikat dan Korea Utara," kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa (12/6).

April lalu, Jokowi sempat menawarkan Indonesia sebagai lokasi pertemuan Trump dan Kim Jong Un. Mantan Walikota Solo tersebut mengatakan hal ini merupakan kontribusi Indonesia terhadap perdamaian kawasan.

Jokowi juga menyambut baik proses perdamaian Korsel - Korut. Dirinya berharap pertemuan Presiden Korsel Moon Jae In dengan Kim Jong Un dapat berlanjut pada kesepakatan lain dalam menjalani proses dan merealisasikan perdamaian kedua negara.

"Kami sampaikan Indonesia siap menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan itu," kata Jokowi.

Trump maupun Kim sebelumnya terlibat ketegangan dengan aksi saling ancam terkait program pengembangan nuklir oleh Korea Utara. Ketegangan ini sempat dikhawatirkan memicu konflik dan mengganggu pertumbuhan ekonomi di Asia. Sebab, selama ini, pertumbuhan ekonomi Asia ditopang oleh kuatnya daya beli dan investasi seiring kondisi yang aman dan nyaman.

(Baca juga: Korut Luncurkan Rudal, Indeks Saham Korsel, Australia dan Jepang Jatuh)

Mengutip Reuters, berikut dokumen perjanjian kedua belah pihak.

Presiden Donald J Trump dari Amerika Serikat dan Ketua Komisi Urusan Kenegaraan Republik Demokratik Rakyat Korea Utara (DPRK) Kim Jong Un menggelar pertemuan pertama dan bersejarah di Singapura pada 12 Juni 2018.

Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un bertukar pendapat secara komprehensif, mendalam, dan tulus mengenai berbagai isu terkait terbentuknya hubungan AS-DPRK (Korea Utara) dan menciptakan perdamaian yang kuat dan langgeng di Semenanjung Korea.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...