Pendanaan Tiongkok di Proyek Trump dan Hary Tanoe Dapat Sorotan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 Mei 2018, 18:44
trump tanoe
Twitter@Hary_Tanoe
Hary Tanoe dan istri, bersama Donald Trump, calon presiden Amerika dari Partai Republik saat itu, di New York, Amerika Serikat, (14/8/2015)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump melunak atas sanksi perdagangan yang diberikan kepada perusahaan Tiongkok ZTE.  Sikap lunak ini dikaitkan dengan pendanaan dari Tiongkok sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun untuk proyek properti kerja sama Trump dengan bos Grup MNC Hary Tanoesoedibjo.

Tiongkok memberikan pinjaman sekitar US$ 1 miliar terdiri dari pinjaman pemerintah dan bank swasta masing-masing US$ 500 juta atau sekitar Rp 7 triliun. Dana tersebut untuk membiayai MNC Lido City, sebuah proyek hunian yang dilengkapi fasilitas seperti lapangan golf, hotel berbintang, resor serta MNC Movie Land yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat.

Advertisement

Berdasarkan laporan HuffPost, pendanaan dari Tiongkok untuk proyek MNC Lido City hanya berjarak tiga hari sebelum Trump melonggarkan sanksi untuk ZTE. Beberapa waktu lalu Trump melarang perusahaan AS memasok micro chip dan suku cadang untuk kebutuhan ZTE sehingga membuat perusahaan itu menghentikan operasi di Amerika.

Berdasarkan laporan AFP pada Kamis (10/5) perusahaan konstruksi milik Tiongkok Metallurgical Corporation of China (MCC) menandatangani perjanjian dengan MNC Land untuk membangun proyek MNC Lido City seluas 3.000 hektar. Pembangunan MNC LidoCity disebut akan menggunakan dana pinjaman pemerintah Tiongkok sebesar US$ 500 juta. MCC menyebutkan kerja sama ini sebagai proyek budaya dan pariwisata pertama sebagai respons atas program Belt and Road Initiative.

Sementara itu, kepada Jakarta Globe, Hary Tanoe membantah proyek MNC Lido City mendapatkan pendanaan dari pemerintah Tiongkok. "Itu tidak benar," kata Hary. 

Hary menyatakan perusahaannya hanya menandatangani kontrak dengan MCC yang merupakan perusahaan kontraktor milik pemerintah Tiongkok. 

Katadata.co.id berupaya mengkonfirmasi ke juru bicara MNC Land, namun belum mendapat tanggapan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement