Mabes Polri Tetapkan Siaga Satu di Seluruh Indonesia

Dimas Jarot Bayu
14 Mei 2018, 19:02
Sidang Ahok IV
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi penjagaan polisi.

Kepolisian RI (Polri) menetapkan status siaga satu bagi seluruh jajarannya di seluruh wilayah di Indonesia. Peningkatan status dalam rangka menguatkan keamanan internal maupun eksternal setelah terjadinya lima serangan teror beruntun di Surabaya, Jawa Timur selama dua hari dan insiden sebelumnya yang terjadi di beberapa wilayah. 

Ledakan bom di berbagai lokasi ini menyebabkan 12 warga sipil tewas dan 41 orang menderita luka.

"Artinya kami meningkatkan jumlah personel, meningkatkan kegiatan, tapi untuk kegiatan Polri di internal," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/3).

(Baca juga: Pelaku Bom Malporestabes Surabaya Berasal dari Satu Keluarga)

Setyo mengatakan, penetapan siaga satu ditetapkan di seluruh objek vital di Indonesia. Menurut Setyo, tiap-tiap daerah telah memiliki kriteria objek vital tersebut.

Selain itu penetapan siaga satu dalam rangka meningkatkan keamanan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. "Kami ingin menjaga situasi kondusif," kata Setyo.

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Argo Yuwono mengatakan, status siaga satu di wilayah Polda Metro Jaya dengan meningkatkan kerja sama pengamanan bersama Kodam Jaya. Argo menyebut beberapa objek vital yang akan ditingkatkan pengawasannya seperti pusat keramaian, rumah ibadah, maupun kantor pemerintahan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...