BKPM: Investasi Ekonomi Digital Terpusat di Jakarta

Dimas Jarot Bayu
5 Mei 2018, 09:16
Menteri Perdagangan Thomas Lembong
Katadata | Arief Kamaludin
Kepala BKPM Yom Lembong.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan Jakarta merupakan lokasi utama bagi investasi di sektor ekonomi digital di Indonesia. Dia memaparkan, hampir 95% investasi sektor ekonomi digital di Indonesia masuk ke Jakarta setiap tahunnya.

"Perkiraan pribadi saya angkanya antara Rp 25 - 40 triliun per tahun (investasi sektor ekonomi digital ke Jakarta) sekarang," kata Lembong di Balai Kota, Jakarta, Jumat (4/5).

Lembong mengatakan, jumlah investasi tersebut meningkat pesat dalam lima tahun terakhir. Padahal, kata dia, investasi di sektor ekonomi digital pada 2013 lalu hampir tak ada.

(Baca juga: Komisioner Baru KPPU Akan Mulai Awasi Sektor Ekonomi Digital)

Kondisi ini, kata dia, merupakan sebuah fenomena baru yang mengejutkan dan harus dikawal oleh pemerintah. Sebab, investasi di sektor ekonomi digital dianggap cukup besar dan menguntungkan.

"Sektor ekonomi digital itu sangat menguntungkan di tingkat nasional, sudah pasti. Jakarta adalah pusat ekonomi digital yang sedang berkembang, jadi tentu akan bermanfaat juga bagi warga DKI Jakarta," kata Lembong.

Karenanya, pemerintah berupaya memberikan kemudahan investasi di sektor ekonomi digital ini agar perkembangannya dapat terakselerasi. Salah satunya dengan kerja sama peningkatan pelayanan perizinan dan non perizinan serta kemudahan berusaha bagi perusahaan ekonomi digital antara BKPM dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...