Elektabilitas Tinggi, Anies Tak Diinginkan Elite PKS Dampingi Prabowo

Dimas Jarot Bayu
4 Mei 2018, 10:45
Sudirman Said
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri), Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (kedua kanan) dan Waketum Partai Gerindra Ferry Juliantono.

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap sebagai sosok yang paling pantas untuk mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Survei diadakan pada 5-13 Maret dan 12-21 Maret 2018 dengan melibatkan masing-masing 800 responden di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pemilihan kedua wilayah ini karena merupakan daerah dengan pemilih terbesar di Indonesia. Pemilihan responden dilakukan secara acak (multistage random sampling) dengan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

"Menurut publik Jawa Barat dan Jawa Tengah, cawapres paling tepat buat Prabowo adalah Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di kantornya, Jakarta, Kamis (3/5).

(Baca juga: Survei Indikator: Ini Para Calon Paling Diinginkan Mendampingi Jokowi)

Anies menempati posisi pertama dalam simulasi 16 nama cawapres Prabowo di Jawa barat dan Jawa Tengah. Dia mendapatkan elektabilitas sebesar 15,1% dalam survei di Jawa Barat.

Posisinya disusul Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (10,8%), mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (10,1%), Wali Kota (non-aktif) Bandung Ridwan Kamil (8,7%), dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (4,7%)

Sementara dalam simulasi di Jawa Tengah, Anies mendapatkan elektabilitas sebesar 15,4%. Posisinya disusul AHY (13,7%), Menteri Keuangan Sri Mulyani (11,6%), Gatot (7,7%), dan Ridwan (4,8%).

Survei dirilis Media Survei Nasional (Median) pada 24 Maret-6 April 2018, juga menunjukkan elektabilitas Prabowo-Anies yang tertinggi mencapai 33,9%, bila dibandingkan dengan calon lain.

Pasangan ini lebih banyak dipilih dibanding pasangan Prabowo-Gatot Nurmantyo (33,5%), Prabowo-Muhaimin Iskandar (32,2%), Prabowo-Anis Matta (31,5%), dan Prabowo-TGB Zainul Majdi (30,8%).

Meski hasil elektabilitas Anies tertinggi, elite PKS meminta Gerindra memilih cawapres yang disodorkan partai.  Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera bahkan mengklaim Anies tak akan dipilih Gerindra. 

(Baca: PKS dan Gerindra Tentukan Cawapres Prabowo Lewat Dua Opsi).

PKS telah menyodorkan sembilan nama sebagai kandidat cawapres pendamping Prabowo, yakni Hidayat Nur Wahid, M Sohibul Iman, Ahmad Heryawan, Anis Matta, Irwan Prayitno, Salim Segaf Aljufri, Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera. 

"Karena ada sembilan nama (cawapres dari PKS). Itu nama besar semua. Kami yakin Gerindra sama PKS siap," kata Mardani.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...