Optimistis Maju Capres, Gatot Anggap Tak Perlu Jadi Kader Parpol

Dimas Jarot Bayu
25 April 2018, 20:06
Mantan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Mantan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ke tiga kiri) berjalan bersama sejumlah tokoh masyarakat saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Alhamidy Banyuanyar, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (14/3/2018).

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo hingga kini belum mendapat dukungan partai politik yang akan mengusungnya sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2019. Gatot menyatakan dukungan untuk maju capres tak perlu membuatnya menjadi kader partai politik.

"Saya tak berpartai di manapun juga saat ini. Belum tentu (saya akan menjadi kader)," kata Gatot usai acara diskusi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu (25/4).

Beberapa partai yang menjajaki lobi meminta Gatot untuk menjadi kader partai politik terlebih dahulu sebelum proses pengusungan. Permintaan ini datang dari elite politik Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

(Baca juga: Bila Diusung Jadi Capres, Gatot Siap Bahas Kabinet dengan Parpol)

Gatot mengatakan saat ini terbuka dan terus berkomunikasi dengan beberapa partai politik. Menurut Gatot, berbagai dinamika politik yang ada saat ini masih bisa berubah hingga masa pendaftaran capres terakhir pada 10 Agustus 2018.

Dia memilih tak terburu-buru menentukan sikap atas peluang yang diberikan beberapa partai. “Tak bisa dipaksakan. Semua lihat situasi dan situasi bisa berubah karena politik yang tidak mungkin bisa jadi mungkin,” kata Gatot.

Meski belum memperoleh kejelasan dukungan dari parpol, dia optimistis dapat maju sebagai capres. Namun, dia juga terbuka peluang maju sebagai calon wakil presiden.

"Pengabdian saya mulai dari Presiden, Wapres, sampai warga negara saya akan terus mengabdi," kata dia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...