Dilobi Relawan, PKS Tampung Usulan Gatot Nurmantyo sebagai Capres 2019

Dimas Jarot Bayu
12 April 2018, 17:50
Mantan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Mantan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ke tiga kiri) berjalan bersama sejumlah tokoh masyarakat saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Alhamidy Banyuanyar, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (14/3).

Organisasi pengusung mantan Panglima Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), menyambangi kantor Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Selendang Putih meminta kesediaan PKS untuk mengusung Gatot sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019.

Usai pertemuan tertutup antara Selendang Putih dan PKS sekitar dua jam, Ketua Umum RSPN Rama Yumatha mengatakan politisi PKS menyambut baik kedatangan mereka dan bersedia mempertimbangkan usulannya. Apalagi hingga kini PKS belum mendeklarasikan capres dalam Pilpres 2019.

"Alhamdulillah (PKS) menerima. Masalah bagaimana nantinya masih cair dan PKS bilang mereka juga belum ada hal apa-apa," kata Rama, di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (12/4).

Dalam pertemuan tersebut, PKS banyak membagi saran jika nantinya Gatot akan maju dalam Pilpres. (Baca juga: Belum Didukung Parpol Jadi Capres, Gatot Nurmantyo Diusung Relawan)

Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin mengatakan PKS menerima aspirasi dari Selendang Putih untuk mengusung Gatot sebagai capres. Aspirasi ini akan disampaikan kepada pimpinan partai untuk mengkalkulasikan potensi Gatot dalam Pilres 2019.

"Kami akan kalkulasi (peluang Gatot) karena tidak ada yang tidak mungkin dalam politik," kata Suhud.

Menurut Suhud, peluang untuk bisa mencalonkan Gatot dalam Pilpres 2019 terbuka meski PKS saat ini telah memiliki sembilan nama kader internal untuk maju sebagai capres dan cawapres.

Kesembilan nama tersebut, yakni Hidayat Nur Wahid, M Sohibul Iman, Ahmad Heryawan, Anis Matta, Irwan Prayitno, Salim Segaf Aljufri, Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera.

"Saya kira politik itu dinamis. Kami tidak bisa mengatakan tertutup atau tidak tertutup, tapi peluang (Gatot) selalu ada," kata Suhud.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...