Megawati Bakal Kampanye untuk Naikkan Dukungan Gus Ipul-Puti

Dimas Jarot Bayu
3 April 2018, 19:21
Megawati
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengagendakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri "turun gunung" atau berkampanye untuk pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno di pemilihan gubernur Jawa Timur. Kampanye Megawati ini untuk memperbesar suara dukungan untuk Gus Ipul dan Puti yang juga didukung PKB, PKS serta Gerindra.

"Ada saatnya ibu ketua umum ke Jatim, tapi nanti sesuai jadwal kampanye," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Selasa (4/3) dikutip dari Antaranews.

Advertisement

Saat ini Gus Ipul-Puti hanya unggul tipis dari pesaingnya, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak. Berdasarkan survei Indo Barometer, elektabilitas Gus Ipul-Puti memperoleh dukungan sebesar 45,2%, sementara elektabilitas Khofifah-Emil sebesar 39,5%.

Dalam survei pada 29 Januari-4 Februari 2018 ini, Indo Barometer melibatkan 800 responden di seluruh Jawa Timur. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun, margin of error survei ini sebesar +/- 3,46% dan tingkat kepercayaan 95%.

 (Baca juga: Poltracking: Dukungan Gerindra dan PKB Tidak Solid untuk Gus Ipul-Puti)

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Dwi Hartono menyatakan pemilih internal partainya belum solid. Namun dia yakin jika PDIP bersama partai pendukung lainnya seperti PKB dan Gerindra, suara Gus Ipul-Puti akan semakin tinggi.

"Garap internal ini trennya akan semakin naik. Kalau sudah tren akan sulit dibendung (elektabilitas)," kata Bambang kepada wartawan di Hotel Harris Suite FX Sudirman, Jakarta, hari ini.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, persaingan ketat antara Gus Ipul-Puti dan Khofifah-Emil dengan selisih elektabilitas berdasarakan survei Indo Barometer hanya 5,7%, karena kedua pasangan calon saling salip dalam berbagai aspek.

Tingkat pengenalan masyarakat Jawa Timur terhadap Gus Ipul sebesar 97,5%, sementara kepada Khofifah sebesar 96,1%. Adapun, tingkat pengenalan terhadap Emil jauh lebih tinggi sebesar 53,8% dibandingkan Puti yang hanya sebesar 50,9%. Kendati, tingkat pengenalan kedua calon wakil gubernur ini dianggap masih rendah.

Sementara, tingkat kesukaan terhadap Gus Ipul sebesar 87,9%. Angka itu hanya lebih tinggi 0,4% dibandingkan Khofifah yang sebesar 87,5%. Tingkat kesukaan terhadap Emil 71,6%. Angka tersebut terpaut tipis 0,1% dibandingkan Puti yang sebesar 71,5%.

"Dari banyak aspek ini kelihatannya akan semakin ketat," kata Qodari. (Baca juga:  Kemenangan Gus Ipul dan Khofifah Akan Ditentukan Elektabilitas Cawagub)

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement