Megawati Kantongi Daftar Nama Cawapres Jokowi

Dimas Jarot Bayu
23 Maret 2018, 19:08
Joko Widodo & Megawati
Biro Pers Setpres
Megawati saat mengunjungi Jokowi di Istana Kepresidenan.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri telah mengantongi beberapa nama yang bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo (Jokowi) berlaga di Pilpres 2019. Daftar nama cawapres ini dikantongi Megawati berdasarkan pengkajian tim internal yang dibentuk PDIP.

"Insya Allah kami sudah punya nama," kata Ketua (non-aktif) DPP Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (23/8).

Advertisement

Menurut Puan, tim internal PDIP menjaring nama-nama cawapres secara terbatas dan tertutup. Nantinya, nama tersebut akan disampaikan Megawati setelah berdiskusi dengan Jokowi.

"Itu keputusan nanti disampaikan Ibu Ketum setelah berbicara dengan Calon Presiden 2019 Pak Joko Widodo," kata dia.

 (Baca juga: Jokowi Disebut Kantongi Lima Nama Kandidat Cawapres)

Puan enggan membeberkan nama-nama kandidat tersebut. Dia hanya menjelaskan kriteria cawapres yang masuk penjaringan, yakni yang memiliki kemampuan bekerja sama dengan Jokowi. Kemudian, cawapres yang dipilih memiliki visi dan misi yang sesuai cita-cita dari mantan Presiden Sukarno saat mendirikan Indonesia.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Dwi Hartono mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengkomunikasikan kandidat cawapres yang dimiliki PDIP kepada para partai yang ikut mengusung Jokowi pada Pilpres 2019. Pembahasan soal ini saat PDIP menyambangi DPP Golkar pada Selasa (20/3) lalu.

Menurut Bambang, pertemuan dilakukan untuk melahirkan kriteria yang tepat bagi para partai pengusung Jokowi. Selain itu, komunikasi terkait cawapres dilakukan untuk menghindari benturan antarpartai koalisi.

"Belum sampai pada kesepakatan, tapi paling tidak menghindari benturan," kata Bambang di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (21/3).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement