Survei Populi Center, Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Kompak Turun

Dimas Jarot Bayu
28 Februari 2018, 18:40
Jokowi Prabowo
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
Presiden Joko Widodo mendapat cindera mata dari Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia Prabowo Subianto di Denpasar, Bali, Kamis (8/12/2016).

Elektabilitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada Februari 2018 mengalami penurunan. Hal ini terungkap dalam hasil survei Populi Center yang dirilis pada Rabu (28/2).

Survei diadakan pada 7-16 Februari 2018 dengan melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia. Pemilihan responden dilakukan secara acak (multistage random sampling) dengan margin of error (tingkat kesalahan) sebesar 2,89% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Advertisement

Berdasarkan survei yang dilakukan Populi Center dalam simulasi top of mind, elektabilitas Jokowi berada pada posisi 52,8%. Angka ini menurun jika dibandingkan survei pada Desember yang menyebutkan elektabilitas Jokowi sebesar 54,2%.

"Ada sedikit penurunan persentase, namun tidak signifikan karena masih dalam ambang batas margin of error," kata peneliti Populi Center Hartanto Rosojati di kantornya, Jakarta.

(Baca juga: Survei Populi: Elektabilitas Jusuf Kalla Tertinggi sebagai Cawapres)

Sementara, Prabowo mendapatkan perolehan elektoral sebesar 15,4%. Elektabilitas Prabowo menurun dari Desember 2017 yang sebesar 18,9%.

Adapun, elektabilitas Prabowo menurun siginifikan jika dibandingkan hasil survei pada Oktober 2015. Ketika itu, Populi Center mencatat elektabilitas Prabowo sebesar 24,9%.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement