Simulasi Survei, Jokowi-AHY Berpeluang Kalahkan Prabowo-Anies di 2019

Dimas Jarot Bayu
15 Februari 2018, 18:45
The Yudhoyono i
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Agus Harimurti Yudhoyono berpidato saat peluncuran The Yudhoyono Institute di Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Lembaga Indo Baromoter mengadakan survei mengenai kandidat presiden dan wakil presiden yang diperkirakan meraih suara terbanyak dalam pemilihan umum 2019. Hasil simulasi menunjukkan bila Joko Widodo (Jokowi) berpasangan dengan Prabowo Subianto, maka tak ada calon pasangan lain yang mampu mengungguli keduanya.

Sementara itu bila Jokowi melawan Prabowo, maka Indo Barometer memprediksi Agus Harimurti Yudhoyono menjadi sosok paling berpeluang menjadi pendamping Jokowi untuk memenangkan Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, dalam skenario Jokowi-Prabowo, 48% responden akan memilih keduanya jika melawan pasangan Budi Gunawan-Anies Baswedan yang hanya didukung 3,9% responden. Sebanyak 50,2% responden akan memilih Jokowi-Prabowo jika melawan Anies-Budi yang hanya didukung 3,3% responden.

(Baca juga: Survei SMRC: Makin Banyak Responden Ingin Duet Jokowi-Prabowo)

Sebanyak 49,5% responden akan memilih Jokowi-Prabowo jika melawan Gatot Nurmantyo-Anies Baswedan yang hanya didukung 4,5% responden. Adapun, Jokowi-Prabowo akan unggul 49,7% jika melawan pasangan Anies-Gatot yang hanya didukung 4,2% responden.

Adapun, Jokowi-Prabowo akan unggul 50,5% jika melawan Jusuf Kalla-Anies Baswedan yang hanya didukung 3,2% responden. "Jadi kalau Jokowi berpasangan dengan Prabowo, saya berani katakan Pilpres selesai," kata Qodari di Hotel Century Atlet, Jakarta, Kamis (15/2).

Sementara itu dalam simulasi Jokowi melawan pasangan Prabowo-Anies, Indo Barometer memprediksi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai sosok yang paling berpeluang menjadi pendamping Jokowi untuk memenangkan Pilpres 2019. Menurut Qodari, 38,6% responden akan memilih pasangan Jokowi-AHY jika melawan Prabowo-Anies yang didukung 22,2% responden.

Angka tersebut disusul pasangan Jokowi-Gatot Nurmantyo yang dipilih 38,4% responden ketika melawan Prabowo-Anies yang didukung 22,4% responden. Sementara, Jokowi akan dipilih 37,5% responden jika didampingi Ridwan Kamil ketika melawan Prabowo-Anies yang didukung 22,4% responden.

(Baca juga: Indo Barometer: Prabowo Penantang Potensial Jokowi di Pilpres 2019)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...