Airlangga Jadi Ketum, Suara Golkar Bertambah dari Pendukung PDIP

Dimas Jarot Bayu
24 Januari 2018, 17:21
Munaslub Golkar 2017
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di Jakarta, Senin (18/12).

Hasil riset Lembaga Survei Indonesiaa (LSI) Denny JA terbaru menunjukkan elektabilitas Golkar meningkat sejak Airlangga Hartarto memimpin partai berlambang beringin itu. Suara Golkar yang bertambah berasal dari para pendukung PDI Perjuangan yang memiliki platform partai yang sama.

Elektabilitas Golkar terus menanjak sejak November 2017 hingga Januari 2018. Pada November 2017, elektabilitas Golkar 11,6 %, dan setelah Airlangga resmi diangkat sebagai Ketua Golkar pada Desember 2017 menjadi 13,8%.

Kemudian pada Januari 2018 elektabilitas Golkar menjadi 15,5%, lebih tinggi dibandingkan perolehan elektoral yang didapatkannya pada pemilihan legislatif 2014 sebesar 14,75%.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, meningkatnya elektabilitas karena Airlangga kerap dikesankan pemilih Golkar sebagai sosok yang bersih dan berintegritas, berkebalikan dari citra Setnov yang terseret kasus korupsi e-KTP.

"Sosok Airlangga Hartarto memberi harapan baru bagi Partai Golkar," kata Rully di kantornya, Jakarta, Rabu (24/1). 

(Baca: Resmi Ketua Umum, Airlangga Targetkan Elektabilitas Golkar 16%)

Selain itu, tiga program baru yang diusung Golkar dinilai disukai publik. Berdasarkan riset LSI Denny JA, 87,5% responden mengaku menyukai program harga sembako terjangkau, 85,2% responden menyukai program memperluas lapangan kerja, 82,0% responden menyukai program rumah mudah akses dan terjangkau yang diusung Golkar.

"Tiga program pro rakyat ini juga yang menarik kembali simpati pemilih wong cilik," kata Rully.

Menurut Rully, meningkatnya elektabilitas Golkar didapat paling besar dari PDIP. Hal ini dapat terlihat dari menurunnya elektabilitas PDIP dari Desember 2017 sebesar 22,7% menjadi 22,2% pada Januari 2017.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...