Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diperpanjang Hingga Kertajati

Pemerintah menyiapkan rencana kereta cepat ke beberapa bandara, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, maupun BIJB Kertajati.
Dimas Jarot Bayu
8 Januari 2018, 21:02
Kereta cepat
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Area proyek konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung di kawasan perkebunan Walini Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (17/3/2017).

Pemerintah berencana memperpanjang jalur kereta cepat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Rencana perpanjangan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung sampai BIJB Kertajati terkait wacana pemerintah membangun kota mega metropolitan Jakarta-Bandung.

"Presiden sudah minta evaluasi, (kereta cepat) Jakarta-Bandung mungkin sampai Kertajati," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta, Senin (8/1).

(Baca: Utang Tiongkok untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cair 2 Pekan Lagi)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah menyiapkan rencana kereta cepat ke beberapa bandara, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, maupun BIJB Kertajati.

Advertisement

"Memang direncanakan satu waktu Jakarta-Bandung jadi satu megametropolitan. Dari sekarang kita siapkan dari Kertajati ke Halim Perdanakusuma bahkan Soekarno-Hatta," kata Budi.

Budi mengatakan, nantinya jalur untuk kereta cepat Jakarta-Bandung akan diperpanjang hingga 80 kilometer. Sehingga, panjang jalur tersebut mencapai lebih dari 200 kilometer.

(Baca: Kereta Cepat Jakarta–Bandung Dibahas di Istana, Skema Pendanaan Tetap)

Sebelumnya, proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan dibuat sepanjang 142,3 kilometer. Menurut Budi, perpanjangan jalur tersebut akan membuat biaya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung lebih efisien. 

Luhut menambahkan, evaluasi juga dilakukan bersama Kepala BKPM Thomas Lembong dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Rencananya, koordinasi terkait kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut akan dilakukan langsung di bawah Kemenko Maritim.

"Saya mau satu dua bulan ini sudah ada bentuknya, bentuknya bagaimana ini, apa yang terjadi," kata Luhut. (Baca: Jokowi Prioritaskan Jepang Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta–Surabaya)

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait