SKK Migas Kebut Empat Proyek Strategis Nasional Hulu Migas

Anggita Rezki Amelia
28 Desember 2017, 13:42
Unit pengolahan gas alam cair Blok Tangguh
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggarap lima proyek minyak dan gas bumi (migas) yang masuk dalam proyek strategis hulu migas. SKK Migas berupaya mengerjakan proyek tersebut sesuai target.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan pihaknya terus memonitor perkembangan lima proyek hulu migas yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional. "Sedang di monitor terus, Insya Allah masih sesuai target," kata dia kepada Katadata, Kamis (28/12).

(Baca: SKK Prediksi Investasi Hulu Migas Meningkat 10% Tahun Depan)

Dari lima proyek tersebut, hanya proyek Jangkrik di Blok Muara Bakau Kalimantan Timur yang dikerjakan oleh kontraktor Eni Muara Bakau Ltd, yang telah beroperasi. Berdasarkan rencana pengembangan (PoD) II Lapangan Jangkrik dan Jangkrik NE yang disetujui SKK Migas 2013 silam, nilai investasi proyek ini sebesar senilai US$ 3,77 miliar. Proyek ini pun sudah beroperasi (Onstream) pada kuartal III Juli 2017 lalu. Kapasitas Produksi gasnya sebesar 450 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

Sementara itu empat proyek lainnya hingga kini masih dalam proses. Pertama, proyek Jambaran Tiung Biru di Blok Cepu Jawa Timur. Status proyek saat ini masih dalam tahapan pelaksanaan survey dan topografi Persiapan kantor untuk Tim Project Management Team (PMT) PT Pertamina EP Cepu (PEPC) oleh kontraktor yang mengerjakan rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC).

Adapun kapasitas produksi proyek ini sebesar 330 mmscfd gas. Mengacu PoD Jambaran Tiung Biru pada 2015 lalu, nilai investasi proyek ini sebesar US$ 2,05 miliar. Proyek ini ditargetkan berproduksi pada 2020 mendatang.

(Baca: Produksi Blok Cepu Akan Bertambah Mulai 2019)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...